Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software Matematika Photomath
Main Article Content
Abstract
This research discusses the analysis of students' computational thinking abilities using Photomath mathematics software. This research was conducted with the aim of finding out how Photomath can help students improve their computational thinking skills. The research results show that Photomath can help students improve their computational thinking skills if used effectively and not misused. Photomath can help students solve math problems in a more effective and efficient way. Thus, Photomath can be a useful tool in improving students' computational thinking skills.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aisy, A. R., & Hakim, D. L. (2023). Kemampuan Berfikir Komputasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan. Didactical Mathematics, 5(2), 348-360.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.
DERIANTO, D. (2023). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI PHOTOMATH DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK ACEH BESAR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(1).
Fauji, T., Sampoerno, P. D., & El Hakim, L. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Berdasarkan Mathematics Self-Concept (MSC) dengan Mengontrol Kemampuan Awal Matematis (KAM). EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 87-98.
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa smp pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3).
Kamil, M. R. (2021). Analisis kemampuan berpikir komputasional matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Cikampek pada materi pola bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 259-270.
Muslimah, A., Ramadannia, C., Fitri, A., Dzakiroh, F., Wijaya Kusuma, J., Matematika, J. P., & Keguruan Dan, F. (2023). Penerapan pemanfaatan multimedia pada aplikasi photomath dalam pembelajaran trigonometri kelas xi mipa v di sman 3 cilegon. Indonesian Journal of Thousand Literacies IJTL, 1(3), 241-360.
Meldi, N. F., & Suratman, D. (2022). Penyelesaian Persamaan Bentuk Kuadrat Berbantuan Aplikasi Photomath Berdasarkan Sistem Bilangan Real. Variabel, 5(2), 83-98.
Syahlan, S., Siregar, R., & Malay, I. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN INDUKSI MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(1).
Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Almeina, I., & Agus, R. T. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Matematika. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 2(1), 109-115.
Syari, A. K. Analisis Kemampuan Berpikir Komputasional Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemandirian Belajar (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Zahra, F., & Yahfizham, Y. (2024). Systematic Literature Review: Memanfaatkan Aplikasi Photomath Sebagai Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komputasi Siswa. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 2(3), 26-32.