Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Ditinjau dari Aspek Jenis Kelamin
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi beragamnya prokrastinasi akademik di kalangan siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa laki-laki di SMP; (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa perempuan di SMP; (3) menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi akademik antara siswa laki-laki dengan siswa Perempuan di SMP. Metode penelitian adalah deskriptif dan komparatif. Sampel sebanyak 183 siswa di SMP Negeri 1 Pariaman dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data yang diperoleh dengan memberikan angket kepada siswa. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis uji beda (T-test). Hasil penelitian menunjukkan: (1) prokrastinasi akademik siswa laki-laki berada pada kategori sedang (69,23%); (2) prokrastinasi akademik siswa perempuan berada pada kategori rendah (56,52%); dan (3) terdapat perbedaan yang signifikkan tingkat prokrastinasi akademik antara siswa laki-laki dan perempuan dengan sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0.05.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Albandary, D. M. (2018). Prokrastinasi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Burka, J., & Yuen, L. M. (2007). Procrastination: Why you do it, what to do about it now. Hachette Uk
Christianasari, K. D. (2016). Perbedaan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Laboratorium Salatiga ditinjau dari jenis kelamin. Program Studi Psikologi FPSI-UKSW.
Fatmawati, Y., & Sano, A. (2019). Faktor-faktor Remaja Putus Sekolah Di Kelurahan Teluk Kabung Utara Kota Padang. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Springer Science & Business Media.
Juliana, J., Ibrahim, I., & Sano, A. (2014). Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan.
Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah pertama muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor.
Novritalia, K., & Maimunah, S. (2014). Perilaku prokastinasi akademik siswa akselerasi dengan reguler sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.
Rahmania, A. M., Budi, W., & Utami, D. N. (2021). Gambaran prokrastinasi akademik siswa smp di daerah pesisir Surabaya. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan masa hidup: edisi kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology.
Sutrisno, A., Rini, A. P., & Pratitis, N. T. (2018). Prokrastinasi anggota Polrestabes Surabaya ditinjau dari jenis kelamin dan locus of control. FENOMENA.
Syaputra, E. P. (2017). Kecenderungan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi umm yang mengerjakan skripsi ditinjau dari jenis kelamin. (skripsi) University of Muhammadiyah Malang.
Wicaksono, L. (2017). Prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Pembelajaran Prospektif.
Yunasril, R., & Sano, A. (2022). Hubungan Regulasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMA. Jurnal Neo Konseling.