Metode Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real: Sistematis Literatur Review

Main Article Content

Fatimah Zahra
Rusi Ulfa Hasanah
Lina Yana Nababan
Nur Aisyah Hasibuan

Abstract

Penelitian kajian literatur terkait Model/Metode untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real belum pernah dilakukan sebelumnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis studi-studi terkait model/metode untuk meningkatkan kualitas perkulihan analisis real pada tahun 2010-2023. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap semua artikel hasil penelitian yang terindeks dalam Google Scholar, Garuda, ERIC, dan Semantic. Strategi pencarian disesuaikan dengan kriteria seleksi dan melibatkan beberapa variabel moderator yaitu tahun publikasi, indeks jurnal dan hasil penelitian. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang metode atau model apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran analisis real.

Article Details

How to Cite
Zahra, F., Ulfa Hasanah, R., Yana Nababan, L., & Hasibuan, N. A. (2024). Metode Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Analisis Real: Sistematis Literatur Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 572–576. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1687
Section
Articles
Author Biographies

Fatimah Zahra, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Rusi Ulfa Hasanah, niversitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Lina Yana Nababan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Nur Aisyah Hasibuan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

References

Bartle, Robert G. & Sherbert, Donald R. (1994). Introduction to Real Analysis, Second Edition. John Wiley

Darma & Karmila. (2017). PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 1-11.

Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic literature review: kemampuan pembuktian matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13-26

Helma, H. (2010). PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN ANALISIS REAL II MELALUI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH TERSTRUKTUR MENGGUNAKAN LEMBARAN TUGAS TERPADU. EKSAKTA, 2.

Junizon, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Extended Triad Level++ Terhadap Kemampuan Pembuktian Teorema Pada Analisis Real Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 44-52.

Kristayulita, K. (2020). Pengembangan bahan ajar mata kuliah analisis real untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), 66-80.

Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Modern, 6(3), 120-123.

Pradana, O. R. Y. (2021). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Menggunakan Assessment for Learning Pada Prestasi Analisis Real tual untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 164-173.

Riyadi, S., & Qamar, K. (2017). Efektivitas e-modul analisis real pada program studi pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 31-40.

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018). Penerapan model pembelajaran konteks& Sons, Inc: Singapore