Kajian Literatur Tentang Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software Matematika Geogebra Tingkat SMA

Main Article Content

Rizka Tri Andini
Yahfizham

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah suatu proses yang membantu manusia untuk mengembangkan potensinya agar mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Matematika adalah suatu pembelajaran yang memiliki peranan sangat krusial dalam pendidikan maupun dalam kehidupan. Hal ini dibuktikan dari setiap pembelajaran yang ada di sekolah mewajibkan untuk mempelajari matematika. Perkembangan komputer yang pesat sangat berdampak baik pada pembelajaran matematika khususnya Geogebra. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan konsep tinjauan pustaka dengan Systematic Literature Riview (SLR). Pencarian artikel yang dilakukan oleh peneliti adalah mengenai keefektifan penggunaan aplikasi komputasi yaitu Geogebra di SMA. Database yang digunakan berdasarkan pada database yang terdapat di google scholar. Penggunaan media pembelajaran juga berpengaruh baik dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dalam konteks ini menggunakan media pembelajaran Geogebra dengan menggunakan komputer, vidio pembelajaran, maupun game petualangan matematika. Model pembelajaran yang interaktif dan juga menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat menigkatkan pemahaman siswa dan minat belajar siswa. Oleh karenanya, penggunaan media Geogebra sesuai dengan materi matematika khususnya  geometri. Penggunaan software matematika Geogebra pada pembelajaran memberikan pengaruh yang positif pada pengetahuan komputasi siswa, siswa jadi lebih semangat dalam mempelajari pelajaran karena guru bisa menyeimbangkan antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis proyek. Penggunaan Geogebra membawa dampak yang positif sehingga akan terus berlanjut dilakukan dalam pembelajaran, penggunaannya mudah diakses oleh siswa maupun guru karena fitur yang disediakan dapat diakses dengan gratis.

Article Details

How to Cite
Tri Andini, R., & Yahfizham. (2024). Kajian Literatur Tentang Kemampuan Berpikir Komputasi Menggunakan Software Matematika Geogebra Tingkat SMA . Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 532–537. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1676
Section
Articles
Author Biographies

Rizka Tri Andini, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Yahfizham, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Abidin, Z., Faradiba, S. S., & Khasanah, I. (2023). Pelatihan Aplikasi Geogebra pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 149.

Busrah, Z., & Buhaerah. (2021). Geometri Analitik Bidang. Parepare: IAIN PAREPARE NUSANTARA PRESS.

Cahyani, A., Meiliasari, Rahayu, W., & Hidajat, F. A. (2024). Studi Literatur: Pemilihan Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekkolah Menengah Atas. jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 70-80.

Delyana, H., Yusri, R., Mardiyah, A., Istikhfar, & Ningsih, E. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra dalam Memecahkan Soal Geometri Ruang Berbasis Contextual Teaching and Learning di SMA Negeri 2 Padang. ADMA Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 77-86.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Motovasi Belajar Matematika Siswa SMA Bingkai Cendekia Cililin Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 49-58.

Gaol, Y. L., Sinaga, B., & Syahputra, E. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Pola Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Software Geogebra . Jurnal Cendekia, 130.

Hasibuan, N. A., & Yahfizham. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Software Matematika Geogebra Terhadap Kemampuan Komputasi Siswa. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1-10.

Lestari, Sugiarto, S., & Kurniati, R. (2023). Systematic Literature Riview (SLR): Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. JRPP (Jurnal Riview Pendidikan dan Pengajaran), 3275-3287.

Magfirah, I., Zakaria, Y., Iye, R., Bugiz, R., & Azwan. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Geogebra sebagai Pembelajaran Matematika di SMA Kabupaten Buru. Sang Pencerah Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 148-158.

Maisyarah, R., Syahputra, R., & Mulyono. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematka, 2.

Marwati, A., Romdanih, & Rahmad, I. N. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Menghitung Keliling dan Luas Segitiga melalui Model Pembelajaran Index Card Match. Prosiding Sminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 235-236.

Mayasari, N., Indriani, A., Junarti, & Puspitaningsih, S. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Software Geogebra pada Siswa Kelas XI SMA n 1 Balen Bojonegoro. J-ABDIPMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 261-266.

Purba, M. C., & Harahap, N. A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMA Negeri 1 Rantau Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2115-2122.

Roswahyuliani, L., Rosyana, T., Setiawan, W., & Kadarisma, G. (2022). Penerapan Media Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 771-778.

Rusmini, Harahap, F. S., Pasaribu, S., & Lubis, N. R. (2022). Analisis Pelatihan Guru SMA PAB 8 Saentis Menggunakan Software Geogebra. Community Service Journal, 308-320.

Supiarmo, M. G., Turmudi, & Susanti, E. (2021). Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Soal Pisa Konten Change and Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning. Jurnal Numeracy, 58-72.

Wasi, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematka Interaktif Berbantuan Software Geogebra pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA. HUMANTECH, 1897-1906.