Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa: Systematic Literature Review
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur secara sistematis terkait kemampuan pembuktian matematis dengan memperhatikan beberapa hal yaitu tahun publikasi, jenjang Pendidikan, indeks jurnal, materi penelitian, serta hasil penelitian pada kemampuan pembuktian matematis.Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literatur Review dengan (SLR) dengan protokol prisma terhadap semua artikel hasil penelitian yang terindeks dalam Google scholar, garuda, dan Semantic Scholar. SLR dapat menjadi acuan, bahan penelitian, atau menjawab pertanyaan terkait topik yang menarik dengan memahami penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumnya. Hasil dalam penelitian SLR ini memperlihatkan bahwa studi terkait kemampuan pembuktian matematis relatif mengalami peningkatan meski sempat turun pada tahun 2019 dan 2022. Studi mayoritas dilakukan pada jenjang perguruan tinggi dan didominasi materi aljabar. Jenis pembuktian yang sering diteliti adalah pembuktian langsung. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah studi lebih lanjut terkait kemampuan pembuktian di jenjang sekolah menengah dengan materi geometri serta jenis pembuktian lainnya
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
CadwalladerOlsker, T. (2011). What do we mean by mathematical proof? Journal of Humanistic Mathematics, 1(1), 33–60.
Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic literature review: kemampuan pembuktian matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254.
Firmasari, S., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan induksi matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9.
Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.
Hendana, I. P., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 178–184.http://conference.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/Sesiomadika2021
Hine, G. (2017). Proof by Mathematical Induction: Professional Practice for Secondary Teachers. 26th Biennial Conference of the Australian Association of Mathematics Teachers, 125–132. https://researchonline.nd.edu.au/edu_conference/106.
Juandi, D. (2008). Pembuktian, Penalaran, dan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Kartini, E. S. (2015). ANALISA KESULITAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL. SEMIRATA 2015, 1(1), 189– 199.
Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. BMJ (Clinical Research Ed.), 339. https://doi.org/10.1136/bmj.b2700
Mahfudy, S. (2017). Strategi pembuktian matematis mahasiswa pada soal geometri. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 1(1), 31-40.
Moore, R.C. (1994). Making the transition to Formal Proof. Educational Studies in Mathematics, 27: 249- 266.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nur Ainun, Jalaluddin, Zakaria, Khairul Asri, Cut Nurul Fahmi, Indah Suryawati, Irwan, Azwir, Sri Ismulyati, Edi Azwar, Yenni Agustina, Muhammad Azzarkasyi, Eli Nurliza, Septhia Irnanda, Mukhtasar, & Dedi Sufriadi. (2023). PEMBELAJARAN LITERASI MATEMATIS BERORIENTASI KURIKULUM MBKM MELALUI BAKTI SOSIAL DAN PERLOMBAAN TINGKAT DASAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.584
Samsuddin, S. F., Shaffril, H. A. M., & Fauzi, A. (2020). Heigh-ho, heigh-ho, to the rurallibraries we go! - a systematic literature review. Library and Information Science Research, 42(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2019.100997
Susanto, H. A. (2011). Pemahaman Pemecahan Masalah Pembuktian Sebagai Sarana Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan,Dan Penerapan MIPA,Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 189–196
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. JURNAL e-DuMath, 3(1).
Tarhadi, S., & Pujiastuti, S. L. (2006). Perbandingan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh dengan Mahasiswa Pendidikan Tatap Muka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 7(2), 121–133.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161