PEMANFAATAN OLABS HELICAL SPRING PADA PEMBELAJARAN HUKUM HOOKE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Dara Phon Kamilah

DOI:

https://doi.org/10.32672/jps.v2i2.467

Abstract

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Olabs Helical Spring pada pembelajaran terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 terdiri dari 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol terdiri dari 17 siswa, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen test yang digunakan adalah soal tes keterampilan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu pre-test dan post-test. Data diolah dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan analisis data, diperoleh t table = 1,69 sedangkan t hitung = 3,89. Maka t hitung > t table maka Ho ditolak dan Ha dapat diterima. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Hukum Pascal menggunakan Pendekatan Scientific berbantuan Virtual Laboratory lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Virtual Laboratory, Pendekatan Saintifik, Pegas Heliks, Hasil Belajar.

References

Aththibby, A. R., Yogyakarta, U. N., Kuswanto, H., Yogyakarta, U. N., Mundilarto, M., Yogyakarta, U. N., Prihandono, E., Metro, U. M., Planning, H. E., & Board, C. (2021). Improving motivation and science process skills through a mobile laboratory-based learning model. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(5), 2292–2299.

Firmansyah, J., Suhandi, A., Setiawan, A., & Permanasari, A. (2021). Level Pemahaman Konsep Fluida Mahasiswa Calon Guru Fisika dalam Project Based Laboratory ( PJB-Lab ). JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 102–109.

Firmansyah, J., Suhandi, A., Setiawan, A., & Permanasari, A. (2022). Evaluation of Virtual Workspace Laboratory: Cloud Communication and Collaborative Work on Project-Based Laboratory. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 15(3), 131–141. https://doi.org/10.7160/eriesj.2022.150301

Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Mbonyiryivuze, A., Yadav, L. L., & Amadalo, M. M. (2021). Students’ attitudes towards physics in nine years basic education in rwanda. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 648–659. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21173

Putra, D. S., & Hidayusa, W. O. (2019). Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 299–311. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35631

Resti Septikasari. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(02), 112–122. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Yumrohaini. (2015). Penguasaan Kompetensi Belajar Pada Materi Teknik dan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Scientific Learning. Journal of Economic Education, 4(1), 27–31.

Downloads

Published

25-05-2023 — Updated on 30-08-2023

Versions