PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA SMP

Authors

  • Eddi Sabara
  • Zulkarnaini Zulkarnaini
  • Agustina Agustina

DOI:

https://doi.org/10.32672/jps.v1i1.45

Abstract

Proses pembelajaran IPA terpadu  pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)  umumnya masih menekankan pada pengembangan aspek kognitif saja tanpa mengasah ketrampilan lainnya. Siswa dituntut untuk menguasai konsep sain melalui  bahan ajar yang disampaikan oleh guru tanpa diberi kesempatan untuk mengembangan aspek lainnya. Akibat dari gaya  belajar  seperti  ini  membuat  siswa  mengalami  kesulitan  dalam  belajar  dan  prestasi  belajar  siswa  masih ditentukan oleh penguasaan materi yang disampaikan tanpa memperhatikan aspek lainnya (afektif dan psikomotor). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dimana guru mengajar pada kelas dia sebagai wali kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teunom Kabupaten Aceh Jaya  dengan subyek penelitian siswa kelas VII pada tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar dan lembar kegiatan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Peningkatan kinerja guru dalam merancang pembelajaran secara berturut-turut meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2 begitu kinerja guru dalam menerapkan pendekatan keterampilan proses sains. Harapan kami ada peningkatan proses belajar siswa  tersebut berdampak pula pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar.

Kata Kunci; Ketrampilan proses, IPA terpadu,kemampuan,  SMP.

Downloads

Published

12-10-2022