PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.32672/jps.v2i1.171Abstract
Penelitian ini berjudul “Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains (KPS) pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI Sma Negeri 6 Banda Aceh ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) terhadap hasil belajar siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh yaitu 40 siswa yang terdiri dari 2 kelas tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian yaitu kelas XI-A (20 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan kelas XI-B (20 siswa) sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional pada konsep yang sama struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan dengan perbedaan dua means dan dilanjutkan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t-hitung (4,13) > t-tabel (1.79389) pada taraf signifikan α (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri 6 Banda Aceh.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains (KPS), hasil belajar.