PKM PELATIHAN LITERASI TIK BAGI KADER POSYANDU CENDRAWASIH 2 - CIRACAS
Main Article Content
Abstract
Pelatihan Literasi TIK menjadi suatu kebutuhan mendesak untuk kader Posyandu Cendrawasih 2 - Ciracas, sebagai respons terhadap dinamika tuntutan zaman dan perkembangan teknologi. Program Pelatihan Literasi TIK ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader dalam mengoperasikan teknologi informasi untuk pengelolaan data kesehatan dan pelaporan administratif Posyandu. Dampak positif yang terlihat pada partisipasi aktif kader, peningkatan kepercayaan diri, dan implementasi keterampilan dalam praktik Posyandu, memberikan kontribusi signifikan pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Rencana kesinambungan pembelajaran dan integrasi literasi TIK dalam kebijakan Posyandu diharapkan dapat memastikan keberlanjutan dan perluasan manfaat program ini.
Article Details
References
TIK (PembaTIK) dalam Meningkatkan Level Kompetensi TIK Guru di Indonesia. Diakses Dari Https://Pusdatin. Kemdikbud. Go. Id/Pembelajaran-Berbasis-Tik-Pembatik-Dalam-Meningkatkan-Level-Kompetensi-Tik-Guru-Di-Indonesia.
Nuzula, R. F., & Azmi, N. (2023). Pelatihan Peran Serta Kader Posyandu Dalam Upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat. Pengabdian Masyarakat Cendekia (PMC), 2(2), 56–57.
PAI, P. S. P. M. P. (n.d.). Analisi Pemanfaatan Media Pembelajaran TIK Dalam Meningkatkan.
Savitri, N., & Nurwasito, H. (2018). Pengembangan aplikasi mobile untuk pelayanan administrasi posyandu dengan menggunakan Google Maps Api Geolocation Tagging. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 63–72.
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 1–6.
Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161