PELATIHAN BRANDING DAN PACKING DI SMK PEMKAB PONOROGO
Main Article Content
Abstract
Trend entrepreneurship sekarang sudah menyentuh diberbagai kalangan, salah satunya sekarang masuk diSekolah Menengah Kejuruan. Pengabdian ini diSMK dengan siswa siswa kelas 12 yang mau lulus, mereka dibekali tentang hard skill dan soft skil bidang kewirausahaan. Dalam hal ini Sisiwa mempunya bakat terkait pembuatan Produk, namun Ketika benading dan packing tidak bisa dikonsep secara baik maka akan berdampak pada penjualan produk. Kegiatan Pengabdian ini diawali dengan kerja sama dengan pihak sekolah, sosilaisasi dan workshop, pendampingan hingga gelar produk siswa.
Article Details
References
Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., Mutia, R., Ambartiasari, G., Mutia, D., & Sufriadi, D. (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN: MENUMBUHKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP GENERASI Z DI ERA KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 21-26.
Bohan, D., Haryanti, F., Suci, K. A., Chandra, O. M., Lestari, W. A., & Batubara, A. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita–Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 134-138.
G. Kotler, P., & Amstrong,(2012)., 13th ed. Jakarta: Erlangga,
Mubarok, “Pentingnya Branding Dan Packaging Untuk Produk Usaha. [Online]. Available: http://lpnu-jabar.or.id/blog/2018/02/19/pentingnya-branding-dan-packaging-untuk-produk-usaha/.
N. Muljani, A. Arini, A. Suhartatik, (2020 )“Pentingnya Merek Dan Kemasan Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Dari Usaha Mikro Dan Kecil,”vol.3, no. 2, , [Online].:
Nabila, R. (2023). PENINGKATAN PANGSA PASAR UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA CUGUNG PROVINSI LAMPUNG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-4.
P. & K. Kotler, (2014). Marketing Management, 14th ed. New Jersey: Person Publishing.Kotler.
P. & K. Kotler,(2014) Marketing Management,14th ed. New Jersey: Person Publishing,
P. Rufaidah, P., Padjadjaran, U., & Rufaidah, (2015) “Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif: Triple Helix vs. Quadruple Helix. Researchgate, doi:https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4132.7208.
Pamungkas, G. T., Sofyan, A., Berly, R. L., Retnani, S. R., & Marwa, S. (2023). TERBEBAS PEDAS; INOVASI DARI UKM TELUR ASIN DESA DAMARSI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 16-20.
Riansyah, A. (2023). Meningkatkan Kewirausahaan Masyarakat: Pendekatan Kolaboratif untuk Pemberdayaan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 6-9.
S. D. Setiawati, M. Retnasari, and Diny Fitriawati, (2019) “Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah,” J. ABDIMAS BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 125–136,
S. Yacob and J. Johannes,(2019) “Introduksi Teknik Branding dan Packaging Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampulabaan di Desa Mekarjaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” J. Karya Abdi Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2019, doi: 10.22437/jkam.v3i1.7001.
Soemanagara, R. (2008) Strategic Marketing Communication Konsep Strategi dan Terapan. Bandung : Alfabet.
T. Nilsson, Johan & Ostrom, (2005). “Packaging as a Brand Communication Vehicle.” Lulea University of Technology.