SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK USAHA KECIL, MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI WILAYAH DASANA INDAH, BOJONG NANGKA KELAPA DUA, KAB. TANGERANG

Main Article Content

Yohana
Esti Ichsanti
Fitri Ratna Yusinta
Gusti R Sitanggang
Helena Selva Agatha
Indri Fitriyanti
Trie Damayanti Safitri

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sudah merambah ke bidang digital marketing bagi para pelaku usaha. Salah satu alat digital marketing adalah media sosial. Media sosial inilah yang dapat membantu bagi para pelaku usaha dalam melakukan promosi dan penjualan produk, salah satunya adalah pelaku UMKM. Permasalahan yang dihadapi para pekalu UMKM khususnya UMKM yang ada di wilayah dasana indah bojong nagka kelapa dua, kab. Tangerang adalah penyebaran promosi masih menggunakan cara konvensional dengan cara penyebaran brosur, mengikuti bazar, membuka lapak, dan promosi dari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan jangkauan daerah pemasaran dan penjualan produk ruang lingkupnya kecil. Sehingga perkembangan bisnis para pelaku UMKM tidak berkembang pesat. Hal ini mempengaruhi pendapatan yang tidak meningkat, jumlah produk yang dijual tidak meningkat dan ruang lingkup wilayah pemasaran tidak luas, selain itu berpengaruh pada besarnya biaya operasional untuk promosi dan penjualan produk. Dengan adanya kegiatan sosialisasi pemasaran digital UMKM di wilayah dasana indah bojong nangka kelapa dua, kab. Tangerang nantinya para pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat batu digital marketing sehingga cakupan wilayah promosi menjadi luas dan membantu dalam melakukan penjualan produk.

Article Details

How to Cite
Yohana, Esti Ichsanti, Fitri Ratna Yusinta, Gusti R Sitanggang, Helena Selva Agatha, Fitriyanti, I., & Trie Damayanti Safitri. (2024). SOSIALISASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK USAHA KECIL, MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI WILAYAH DASANA INDAH, BOJONG NANGKA KELAPA DUA, KAB. TANGERANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 81–88. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.822
Section
Articles
Author Biographies

Yohana, Universitas Pramita Indonesia

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Esti Ichsanti, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Fitri Ratna Yusinta, Universitas Pramita Indonesia

Mahaiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Gusti R Sitanggang, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Helena Selva Agatha, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Indri Fitriyanti, Universitas Pramita Indonesia

Mahaiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

Trie Damayanti Safitri, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pramita Indonesia, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia

References

Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., Mutia, R., Ambartiasari, G., Mutia, D., & Sufriadi, D. (2023). WORKSHOP KEWIRAUSAHAAN: MENUMBUHKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP GENERASI Z DI ERA KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 21-26.

Ainun, N., Asri, K., Agustina, Y., Fahmi, C. N., Suryawati, I., Ismulyati, S., ... & Sufriadi, D. (2023). MENINGKATKAN LITERASI DAN KUALITAS PEMBELAJARAN YANG KREATIF BERORIENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 27-31.

Bohan, D., Febby Haryanti, Kurnia Allya Suci, Okky Maulana Chandra, Widya Ayu Lestari, Abraham Batubara, Yohana, S.E., M.Si, C.A.P, & Temmy Setiawan, S.E., M.Si. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Healthy Food dan Edukasi Digital Marketing untuk Masyarakat Kp. Pramita – Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 134–138. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.265

Chintya, I., Yohana, Dhelliyanti, Maulidatul Mutamimah, Putri Salma Lestari, Siti Luthfiyah Rachman, & Siti Romdiana. (2023). Pelatihan Pembukuan yang Baik pada Usaha UMKM di Kelurahan Sukabakti Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98–104. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.254

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.

Magdalena, H., & Santoso, H. (2021). Sosialisasi pemasaran digital bagi pelaku industri rumahan di kabupaten bangka tengah. Jurnal Abdidas, 2(5), 1054-1063.

Miqawati, A. H., Wijayanti, F., Zuhro, C., Budi, A. S., & Susanti, N. (2023). Pendampingan Penyusunan Modul Pelatihan Bahasa Inggris Berbasis Kompetensi Kerja untuk Front Office Perhotelan. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 120–124. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.260

Puspita, D., Anggraeni, L., Khumaidi, A., & Wati, R. (2023). Sosialisasi Pemasaran Produk Melalui (Internet Marketing) pada UMKM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 155-160.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40-52.

Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh media sosial Instagram dan Whatsapp terhadap pembentukan budaya “alone together”. Jurnal Komunikasi, 10(2), 103-114.

Saniyyah, S., Adviola, T. F., & Swasti, I. K. (2023). Sosialisasi Digital Marketing Pada UMKM di Kota Blitar Sebagai Sarana Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Riset Manajemen, 1(3), 30-39.

Sawicki, A. (2016). Digital marketing. World Scientific News, (48), 82-88.

Setiyana, C. D. M. R., & Maulidasari, C. D. (2020). Sosialisasi digital marketing pada usaha mikro kecil menengah (umkm). Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bhakti Teuku Umar, 2(1), 63-73.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.

Waqfin, M. S. I., Wulandari, S. R., Tifliya, F. M., Indrayani, S., Wahyudi, W., & Roziqin, M. K. (2021). Penerapan Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan pada UMKM di Desa Kepuhdoko Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 155-159.

Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5.