KELAS LITERASI PENGENALAN TOEFL (TEST OF ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE) BAGI SISWA TINGKAT SMA SEDERAJAT
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang TOEFL (Test of English as A Foreign Language) sejak dini kepada siswa tingkat SMA sederajat di Kabupaten Gresik. Kelas Literasi adalah program satu bulan sekali yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gresik. Siswa kelas XII SMA adalah sasaran kegiatan ini. Mereka bisa mendapatkan banyak manfaat dengan mengikuti kelas literasi ini karena TOEFL akan digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan baik dari Perguruan Tinggi negeri maupun swasta. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan latihan TOEFL. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta kelas literasi: 1) mengetahui tentang TOEFL; 2) mampu memahami berbagai soal dalam TOEFL; 3) mampu memahami berbagai tips dan trik mengerjakan TOEFL dan 4) mampu mengerjakan TOEFL.
Article Details
References
Ang-zie, K. (2020). 14 Exams In Preparation & Practice Test Toefl: Toefl. Sidoarjo: Genta Group Production.
Brown, H. Douglas. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima. Cholis, N. & Yusi, A. P. (2008). Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat.
Hamna, Moh Fajrin, Muh. Khaerul Ummah BK, & Muliyani. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Membaca Menulis Menghitung pada Kelas 1 dan 2 yang Efektif di MIS DDI Teluk Bone Kec. Galang Kab. Tolitoli . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.243
Herwkitar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi “TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 1(3),179-185. https://doi.org/10.36722/sh.v1i3.67
Kusuma, A. (2020). Practice Test TOEFL & TOEIC. Genta Smart Publisher.
Lubis, L. R., and Irmayana, A., & Nurbaidah, N. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa IPTS Dalam Menyelesaikan Soal - Soal TOEFL. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(3), 118–124.
Passe, R., Nurqalbi Sampara, Nahira Nahira, & Nurhidayat Triananinsih. (2023). Edukasi Pada Remaja Putri Tentang Dismenorea Melalui Media Vidio. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.167
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2020). Pelatihan Tes TOEFL (Test of English Foreign Language) Untuk Siswa SMK/SMA, Mahasiswa, Dosen dan Umum. Jurnal Budimas. 2(2), 173-180. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/1457
Riki, Rina, Dadi Akhmad Perdana, Julianti, M., Firdiyansyah, I., & Hendriati, Y. (2023). Pengembangan Kompetensi Dosen dengan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Learning Management System Untuk Meningkatkan Peran Dosen Dalam Mendorong Mahasiswa Untuk Belajar. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.253
Sutrisno, Adi. (2005). Panduan Lengkap Persiapan TOEFL. Bantul: Liebe Book Press.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2),36-42. https://doi.org/10.30651/lf.v2i2.1477
Utomo, A., & Damayanti, P. (2019). Bentuk Tes TOEFL Untuk Mahasiswa Universitas Kaltara: Studi Kualitatif. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(2),59-66. https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/7376Semarang. http://lib.unnes.ac.id/28353/1/5401411100.pdf
Zakaria, Z., Agustina, Y., Daud, M., Hamid, A., & Sufriadi, D. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi. Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-5.