HASIL INTEGRASI DAMPAK PENGEMBANGAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN DAN AI MEDIA DIGITAL BERBASIS KURIKULUM CINTA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH

Main Article Content

Lady Duwi Nata
Audya Valentina
Lantera
Ahmad Zainuri
Frika Fatimah Zahra

Abstract

Kurikulum Cinta merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan nilai kasih sayang, spiritualitas, dan karakter mulia dalam seluruh aktivitas belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji bagaimana integrasi antara nilai-nilai Islam, ilmu pengetahuan, dan pemanfaatan media digital yang berlandaskan Kurikulum Cinta diterapkan di Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi pada sejumlah Madrasah Ibtidaiyah yang telah mengimplementasikan kurikulum tersebut. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa perpaduan antara nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan melalui penggunaan media digital berdampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik, penguatan karakter religius, serta penguasaan teknologi yang berlandaskan etika. Selain itu, penggunaan media digital interaktif berbasis nilai Islam membantu guru dalam menanamkan konsep tauhid dan akhlak secara kontekstual. Dengan demikian, pengembangan Kurikulum Cinta yang berlandaskan pada nilai Islam dan ilmu pengetahuan modern terbukti mampu menciptakan pembelajaran yang seimbang antara aspek spiritual, intelektual, dan emosional pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Article Details

How to Cite
Duwi Nata, L., Audya Valentina, Lantera, Ahmad Zainuri, & Frika Fatimah Zahra. (2025). HASIL INTEGRASI DAMPAK PENGEMBANGAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN DAN AI MEDIA DIGITAL BERBASIS KURIKULUM CINTA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 278–287. https://doi.org/10.32672/ampoen.v3i2.3888
Section
Articles

References

Astuti, M. “Integrasi Ilmu Islam Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah” Jurnal PGMI 7, no. 2 (December 30, 2024): 200–207. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.243

Jurana. “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pengembangan dan Penggunaan Teknologi di Era Digital” Jurnal KIIIES 4, no. 2 (2025): 530–533.

Muzaini, M. C. “Integrasi Keilmuan Islam Madrasah Ibtidaiyah dalam Membentuk Akhlak Generasi Emas” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 12 (Juny 30, 2023): 279 291. https://doi.org/10.5281/zenodo.8078786

Saiful. “Sistem Pendidikan Islam, Integrasi Ilmu Pengetahuan Agama dan Teknologi Digital” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (February 30, 2024): 1100–1107. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Shulhan. “Pentingnya Implementasi Kurikulum Berbasis Cinta Pada Madrasah Ibtidaiyah Untuk Membentuk Kepribadian Anak” Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 7, no. 1 (December , 2025): 116–128. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php ibtida

Koto, M. K. “Pendidikan Islam dan Kurikulum Cinta” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 12, no. 8 (2025): 3278–3287. http://jurnal.um tapsel.ac.id/index.php/nusantara/index

Syaripudin, A. “Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cinta Kemenag: Strategi Integratif dalam Pendidikan Karakter dan Spiritual” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10, no. 2 (Juny, 2025): 288–299.