PENGGUNAAN MENDELEY BAGI MAHASISWA HUKUM DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENULISAN KARYA ILMIAH HUKUM
Main Article Content
Abstract
Penulisan karya ilmiah hukum memerlukan manajemen referensi yang sistematis untuk menghindari plagiarisme dan memperkuat argumentasi. Masih banyak mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Halu Oleo menggunakan cara manual dalam menyusun daftar pustaka sehingga sangat rentan terjadi kesalahan dan juga tidak efisien. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan pada 12 Desember 2024 dengan dihadiri 36 peserta. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Materi meliputi instalasi dan registrasi akun, penambahan referensi, pengorganisasian dengan folder dan tag, serta penggunaan plugin Word untuk sitasi otomatis. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman manajemen referensi dan keterampilan praktis. Kegiatan ini menghasilkan dampak positif berupa efisiensi waktu penyusunan daftar pustaka dan peningkatan akurasi sitasi. Keberhasilan didukung metode pembelajaran aktif dan pendampingan intensif. Diperlukan pelatihan lanjutan dan juga monitoring untuk memastikan keberlanjutan penggunaan Mendeley pada penulisan karya ilmiah mahasiswa seperti dalam penulisan proposal, skripsi atau karya ilmiah lainnya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aransyah, F., Bharata, W., Aulia, P. N., Maulidia, A., & Ismaliana R, D. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 88. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5848
Athiutama, A., Novita, E., & Mediarti, D. (2023). Penggunaan Aplikasi Mendeley Untuk Manajemen Referensi Pada Laporan Tugas Akhir Mahasiswa dengan Metode Ceramah dan Video Tutorial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 774–781. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.257
Dacholfany, M. I., Sudyana, I. N., Roza, N., Bakri, A. A., Litamahuputty, J. V., & Haddar, G. Al. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3784–3790. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15543/11941
Fitri, I. C., Apriliyanto, R., Jalil, A., & Ananda, P. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memanajemen Referensi Ilmiah Melalui Pelatihan Mendeley. Jurnal Pengabdian Teknologi Informasi Dan Kesehatan (DIANKES), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.47134/diankes.v1i1.7
Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online bagi Mahasiswa untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 13.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/974
Wijaya, N. D. P., Tsamroh, D. I., Dika, J. W., Yazirin, C., Ross, D., & Kristanto, A. D. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Mendeley untuk Persiapan Mahasiswa dalam Penulisan Skripsi. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(1), 12. https://doi.org/10.35799/vivabio.v4i1.40876