MEMBENTUK GENERASI PEMIMPIN DENGAN MENANAMKAN JIWA KEPEMIMPINAN SEJAK DINI (EDUKASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR MIN 01 KEPAHIANG)

Main Article Content

Genne Andeli Rebianti
Zulyan

Abstract

Developing a generation of leaders from an early age is crucial. The goal of this activity is to instill leadership values in elementary school children at MIN 01 Kepahiang. This activity utilizes educational and mentoring methods for the children at MIN 01 Kepahiang. This outreach program demonstrates that instilling leadership skills from an early age in elementary school children has been shown to positively impact character development and leadership skills. This also fosters respect for others' opinions and responsibility, which are the first steps toward becoming good leaders in the future.

Article Details

How to Cite
Rebianti, G. A., & Zulyan. (2025). MEMBENTUK GENERASI PEMIMPIN DENGAN MENANAMKAN JIWA KEPEMIMPINAN SEJAK DINI (EDUKASI PADA ANAK SEKOLAH DASAR MIN 01 KEPAHIANG) . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 153–159. https://doi.org/10.32672/ampoen.v3i1.3601
Section
Articles

References

Astuti, D., & Lestari, S. (2020). Lingkungan yang mendukung perkembangan kepemimpinan anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 67-78.

Dedi, M., & Sukirman, A. (2018). Experiential learning: Strategi pembelajaran kepemimpinan berbasis pengalaman. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45-55.

Fatimah, A. (2019). Pembelajaran kolektif dan tanggung jawab sosial pada anak usia dini. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(4), 88-99.

Hakim, R. (2019). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan kepemimpinan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 134-145.

Hartono, B., & Wijayanti, R. (2017). Komunikasi efektif sebagai dasar pengembangan kepemimpinan pada anak. Jurnal Psikologi Anak, 9(3), 78-85.

Nugroho, A. P., & Setyowati, D. (2021). Kolaborasi orang tua dan guru dalam pengembangan kepemimpinan anak usia sekolah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 99-111.

Permata, I. R., & Handayani, S. (2022). Evaluasi pembelajaran kepemimpinan berbasis penilaian sejawat pada anak sekolah dasar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 14(1), 60-71.

Pranata, R., & Sutrisno, A. (2018). Pengaruh pelatihan kepemimpinan berbasis pengalaman terhadap kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 9(2), 102-110.

Pratiwi, N., & Santosa, E. (2019). Pendekatan reflektif dalam pendidikan kepemimpinan anak. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(4), 102-113.

Rahmawati, F., et al. (2020). Adaptasi sebagai komponen penting dalam kepemimpinan era modern. Jurnal Kepemimpinan Modern, 17(1), 120-133.

Sari, M., & Ridwan, H. (2019). Pengembangan relasi interpersonal dalam kepemimpinan anak. Jurnal Pendidikan Kepemimpinan, 7(3), 56-67.

Santoso, R., & Wijaya, K. (2021). Peran empati dalam kepemimpinan efektif. Jurnal Psikologi Sosial, 14(2), 150-162.

Widodo, D., & Prasetyo, B. (2022). Pemikiran proaktif dan solutif dalam pengembangan kepemimpinan anak. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 20(1), 33-45.

Wulandari, N., et al. (2020). Pembelajaran berbasis partisipasi dan pengembangan kognitif anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 55-70.