PELATIHAN LITERASI MEDIA DAN KOMUNIKASI SETARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Main Article Content

Muhamad Hanif Fuadi
Fakhri Adi Aminudien Adi Aminudien

Abstract

Transformasi digital menghadirkan tantangan sekaligus peluang dalam dunia pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program pelatihan literasi media dan komunikasi setara di SMP Islam Terpadu Istiqomah, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kemampuan siswa dalam mengakses, menganalisis, dan memproduksi konten digital yang adil dan beretika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan 52 siswa, 10 guru, dan 3 pengelola sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa mengidentifikasi hoaks (naik 40%), penggunaan media sosial secara bertanggung jawab, serta penguatan sikap toleran dan inklusif dalam komunikasi digital. Program berhasil menjangkau seluruh siswa secara setara lintas gender dan jenjang kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan literasi digital yang mengintegrasikan nilai keislaman dan prinsip kesetaraan efektif menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Program ini berpotensi direplikasi sebagai model pembelajaran digital Islami yang adaptif dan berkeadilan.

Article Details

How to Cite
Fuadi, M. H., & Adi Aminudien, F. A. A. (2025). PELATIHAN LITERASI MEDIA DAN KOMUNIKASI SETARA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 140–152. https://doi.org/10.32672/ampoen.v3i1.3586
Section
Articles

References

Arif, M., Aziz, M. K. N. A., & Ma’arif, M. A. (2025). A recent study on islamic religious education teachers’ competencies in the digital age: a systematic literature review. Journal of Education and Learning, 19(2), 587–596. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i2.21311

Feriansyah, M. F. (2023). ANALYSIS OF BLENDED LEARNING TEACHING METHODS ISLAMIC EDUCATION IN DIGITAL ERA Analisis Metode Pengajaran Blended Learning Pendidikan Islam Di Era Digital MUHAMMAD FARREL FERIANSYAH. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 163–170.

Hadiamsyah, Y., & Meidina, A. R. (2024). Educational Challenges and Islamic Values in the Age of Disruption. Interdisciplinary Journal of Social Science and Education (IJSSE), 2(3), 199–210.

Hasanah, U., Prasasti, E. P., Febriani, E., & Hasanah, I. F. (2024). Membangun Karakter Generasi Digital Melalui Literasi Digital Perspektif Pendidikan Islam. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(2), 138–144. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14116

Jawed, Afreen, G. S. (2024). Educational Rights and Status of Muslim Women as Provided in Islam. International Journal For Multidisciplinary Research, 6(4), 1–10. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2024.v06i04.25315

Kusnawan, & Alijaya, A. (2025). Formulation of Islamic Education in Digital Society. International Journal of Contemporary Sciences (IJCS), 2(3), 349–356. https://doi.org/10.55927/ijcs.v2i3.13599

Ljajić, S. (2021). Media, Ethical Norms and Media Literacy Education. Facta Universitatis, Series: Teaching, Learning and Teacher Education, 4(2), 185. https://doi.org/10.22190/futlte2002185l

Maspul, K. A. (2024). Integration of Reading and New Literacies with Islamic Education. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.15575/jpiu.31717

Moh. Kusno. (2024). Inovasi dan Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia dalam Menghadapi Transformasi Digital. Madinah: Jurnal Studi Islam, 11(2), 208–225. https://doi.org/10.58518/madinah.v11i2.2961

Mubaidilah, A., Sabihis, S., & Huda Yana, H. (2025). Strengthening Islamic Literacy in Education: A Literature Review for Cultivating Intelligent Muslims in the Modern Era. Edusoshum : Journal of Islamic Education and Social Humanities, 5(1), 96–103. https://doi.org/10.52366/edusoshum.v5i1.139

Mubiarto, A. N. (2024). Challenges and Opportunities of Citizenship Education in the Digital Age Tantangan dan Peluang Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital. JURNAL MULTIDISIPLIN, 1(3), 309–316. https://doi.org/https://doi.org/10.70963/jm.v1i2 ARTICLE

Muslim, M. (2024). Internalising Digital Technology in Islamic Education. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 6(3), 180–197. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.6309

Naimi, N., Nursakinah, N., Sitepu, M. S., & Sitepu, J. M. (2025). Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Sebuah Kajian Pustaka. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 13(1), 105. https://doi.org/10.61689/waspada.v13i1.724

Ningtias, A., Ati Sobarna, & Helmi Aziz. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah Islam pada Sekolah Dasar Berbasis Pesantren SD IT Al-Maqom Kota Cimahi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 94–100. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.6017

Nurhadi, A., & Atiqullah. (2020). the Strategy of Pesantren Leader in Managing the Marketing of Execellent Education. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 168–180. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1710

Satispi, E., Kh, J., Dahlan, A., Tim, C., & Jakarta, S. (2018). Islamic Education Policy Strategy in Indonesia ’ s Digital Era. Proceedings of International Conference “Internationalization of Islamic Higher Education Institutions Toward Global Competitiveness,” B-50, 459–474.

Septya, J. D., Ziliwu, S., Lubis, R. H., Hasanah, S., Ritonga, A. P., Safitri, L., & Uswah, F. (2024). Bersama Masyarakat, Membangun Pendidikan Unggul: Peran Madrasah Ibtidaiyah dalam Mendorong Transformasi Sosial. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 4(3), 562–569. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i3.1745

Setiawan, W., Badrudin, Supriadi, E., Arifin, S., Khoirunnasihin, M., & Asyamsi, I. A. A. (2022). Implementasi Dakwah Melalui Literasi Digital Di Ponpes Miftahul Ulum Gandok Tasikmalaya. An-Nahdliyyah: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 33–48. https://doi.org/10.70502/ajsk.v1i2.24

Sicuan, S. (2024). Exploring the Role of Harmonized Gender and Development Guidelines (HGDG) in Promoting Gender Sensitivity in Classroom Practices among Educators. Journal of Interdisciplinary Perspectives, 2(10), 210–219. https://doi.org/10.69569/jip.2024.0427

Winda Realista, N. K. (2024). Transformation of Islamic education in the digital age: Challenges and opportunities. Tadiba Islamika: Journal of Holistic Education, 4(Table 10), 4–6. https://doi.org/. https://doi.org/10.28918/tadibia.v4i2.8964

Wu, J., & Uttal, D. H. (2024). Diversifying computer science: An examination of the potential influences of women-in-computing groups. Science Education, 108(3), 957–980. https://doi.org/10.1002/sce.21861

Yusrina Gultom, Dewi Candra, Muhammad Darwis Dasopang, Irwandi Sihombing, M. K. A. (2024). Konsep Pendidikan Islam Di Era Digital. Marifah: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Peradaban Islam, 1(2), 99–116. https://doi.org/10.64173/mrf.v1i2.59

Zahraini, Z., Akib, A., Rosidin, R., & Sulaeman, O. (2025). Islamic Education Reform in the Digital Age: Challenges and Opportunities for a Modern Curriculum. Journal of Noesantara Islamic Studies, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.70177/jnis.v2i1.1841

Zakiah, K., Iskandar, D., Supriadi, Y., & Hantoro, N. R. (2024). Media Literacy and Involvement of Students of SMK YPC Tasikmalaya in Religious Da’wah Movement in Digital Space. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 18(2), 337–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v18i2.40957