PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK

Main Article Content

Sri Fitayanti

Abstract

Mahasiswa ekonomi di STIE Port Numbay Jayapura menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris kontekstual dan keterampilan soft skills yang esensial dalam dunia kerja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris serta menumbuhkan soft skills mahasiswa melalui pendekatan Project-Based Learning (PjBL) berbasis pembelajaran kontekstual. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pra-pelaksanaan, pelaksanaan inti yang mencakup workshop dan praktik proyek, serta tahap evaluasi. Sebanyak 40 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada empat indikator utama: komunikasi lisan dalam Bahasa Inggris meningkat sebesar 35,3%, kerja sama tim 29,4%, penyelesaian masalah 35,1%, dan kepemimpinan 33,2%. Uji paired t-test menghasilkan nilai p < 0,05 untuk seluruh aspek, yang menunjukkan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Secara kualitatif, hasil observasi mencatat adanya perubahan perilaku belajar yang positif, peningkatan kepercayaan diri, serta keterlibatan aktif dalam diskusi dan presentasi. Sebanyak 92% peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, dan 88% merekomendasikan agar program ini dilakukan secara berkelanjutan. Dibandingkan dengan kegiatan serupa di institusi lain, kegiatan ini unggul dalam hal interaktivitas dan integrasi antara kemampuan bahasa dan konteks ekonomi, meskipun dibatasi oleh durasi pelaksanaan yang relatif singkat. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas individu mahasiswa, tetapi juga mendukung penguatan kualitas pembelajaran berbasis praktik di institusi mitra.

Article Details

How to Cite
Fitayanti, S. (2025). PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1570–1578. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i3.3521
Section
Articles
Author Biography

Sri Fitayanti, STIE Port Numbay Jayapura

Program Studi Manajemen, Port Numbay Jayapura, Kota Jayapura

References

Kusumawardhani, R. (2022). Pengembangan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa non-Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(1), 34–45. https://doi.org/10.1234/jpb.v10i1.2022

Mahasneh, A. M., Sowan, A. K., & Al-Dababneh, K. A. (2022). Enhancing soft skills through project-based learning. Education and Training, 64(4), 527–543. https://doi.org/10.1108/ET-06-2021-0220

Nurhadi, M., & Wulandari, R. (2022). Implementasi project-based learning untuk meningkatkan soft skills mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.42156

Nugroho, Y., Sari, R., & Astuti, M. (2021). Pengembangan soft skills mahasiswa melalui kegiatan praktikum proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 145–154.

Putri, I. A., & Hartanto, Y. (2021). Soft skills dan tantangan dunia kerja: Studi kasus mahasiswa ekonomi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 67–75. https://doi.org/10.21009/jmb.v8i2.2021

Rahman, A., Hasyim, M., & Tahir, M. (2020). Enhancing students’ speaking performance through project-based learning. International Journal of Language Education, 4(2), 129–139. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.11299

Simamora, E. R., & Siregar, D. (2023). The role of communication training to enhance employability skills. Jurnal Psikologi, 51(1), 89–101.

Siregar, L. M., & Rachmawati, D. (2021). Strategi penguatan soft skills melalui pelatihan berbasis proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.24036/jipp.v4i1.12345

Sukardi, S., & Pratiwi, I. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam peningkatan kemampuan komunikasi mahasiswa non-Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10423

Tran, T. T. (2020). Integrating soft skills into the curriculum of higher education. Higher Education Research & Development, 39(2), 321–335.

Wahyuni, D., Sari, A. P., & Fitria, N. (2020). Project-based learning: An effective strategy to improve students’ speaking skill and teamwork. International Journal of Education, 12(3), 201–212. https://doi.org/10.17509/ije.v12i3.2020

Wulandari, I. A., & Suryani, R. (2022). Model project-based learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(1), 45–59.

Yusuf, H., & Kurniawan, R. (2023). Kontribusi pelatihan Bahasa Inggris berbasis konteks lokal terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 7(2), 102–110. https://doi.org/10.24114/jbp.v7i2.13452