PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MAHASISWA EKONOMI MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KONTEKSTUAL BERBASIS PROYEK
Main Article Content
Abstract
Mahasiswa ekonomi di STIE Port Numbay Jayapura menghadapi tantangan dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris kontekstual dan keterampilan soft skills yang esensial dalam dunia kerja. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam Bahasa Inggris serta menumbuhkan soft skills mahasiswa melalui pendekatan Project-Based Learning (PjBL) berbasis pembelajaran kontekstual. Metode pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pra-pelaksanaan, pelaksanaan inti yang mencakup workshop dan praktik proyek, serta tahap evaluasi. Sebanyak 40 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada empat indikator utama: komunikasi lisan dalam Bahasa Inggris meningkat sebesar 35,3%, kerja sama tim 29,4%, penyelesaian masalah 35,1%, dan kepemimpinan 33,2%. Uji paired t-test menghasilkan nilai p < 0,05 untuk seluruh aspek, yang menunjukkan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Secara kualitatif, hasil observasi mencatat adanya perubahan perilaku belajar yang positif, peningkatan kepercayaan diri, serta keterlibatan aktif dalam diskusi dan presentasi. Sebanyak 92% peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, dan 88% merekomendasikan agar program ini dilakukan secara berkelanjutan. Dibandingkan dengan kegiatan serupa di institusi lain, kegiatan ini unggul dalam hal interaktivitas dan integrasi antara kemampuan bahasa dan konteks ekonomi, meskipun dibatasi oleh durasi pelaksanaan yang relatif singkat. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas individu mahasiswa, tetapi juga mendukung penguatan kualitas pembelajaran berbasis praktik di institusi mitra.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Kusumawardhani, R. (2022). Pengembangan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa non-Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(1), 34–45. https://doi.org/10.1234/jpb.v10i1.2022
Mahasneh, A. M., Sowan, A. K., & Al-Dababneh, K. A. (2022). Enhancing soft skills through project-based learning. Education and Training, 64(4), 527–543. https://doi.org/10.1108/ET-06-2021-0220
Nurhadi, M., & Wulandari, R. (2022). Implementasi project-based learning untuk meningkatkan soft skills mahasiswa di era digital. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.21831/jpv.v12i1.42156
Nugroho, Y., Sari, R., & Astuti, M. (2021). Pengembangan soft skills mahasiswa melalui kegiatan praktikum proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 145–154.
Putri, I. A., & Hartanto, Y. (2021). Soft skills dan tantangan dunia kerja: Studi kasus mahasiswa ekonomi. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 67–75. https://doi.org/10.21009/jmb.v8i2.2021
Rahman, A., Hasyim, M., & Tahir, M. (2020). Enhancing students’ speaking performance through project-based learning. International Journal of Language Education, 4(2), 129–139. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.11299
Simamora, E. R., & Siregar, D. (2023). The role of communication training to enhance employability skills. Jurnal Psikologi, 51(1), 89–101.
Siregar, L. M., & Rachmawati, D. (2021). Strategi penguatan soft skills melalui pelatihan berbasis proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.24036/jipp.v4i1.12345
Sukardi, S., & Pratiwi, I. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam peningkatan kemampuan komunikasi mahasiswa non-Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.10423
Tran, T. T. (2020). Integrating soft skills into the curriculum of higher education. Higher Education Research & Development, 39(2), 321–335.
Wahyuni, D., Sari, A. P., & Fitria, N. (2020). Project-based learning: An effective strategy to improve students’ speaking skill and teamwork. International Journal of Education, 12(3), 201–212. https://doi.org/10.17509/ije.v12i3.2020
Wulandari, I. A., & Suryani, R. (2022). Model project-based learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 22(1), 45–59.
Yusuf, H., & Kurniawan, R. (2023). Kontribusi pelatihan Bahasa Inggris berbasis konteks lokal terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 7(2), 102–110. https://doi.org/10.24114/jbp.v7i2.13452