PERAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN YANG HARMONIS ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), interaksi positif antara guru dan siswa merupakan komponen penting dari proses pembelajaran yang efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina hubungan yang harmonis, taktik yang mereka gunakan untuk membina hubungan positif dengan siswa, dan dampak dari hubungan yang harmonis antara guru PAI dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Berbagai karya sastra, termasuk buku, jurnal, esai, dan sumber terkait lainnya, digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran krusial dalam membangun hubungan yang harmonis dengan peserta didik. Peran tersebut mencakup sebagai teladan dalam perilaku, pembimbing moral dan spiritual, komunikator yang efektif, motivator, pemelihara lingkungan religius, serta penengah dalam menyelesaikan konflik. Strategi yang diterapkan oleh guru PAI dalam menciptakan hubungan harmonis melibatkan pendekatan personal yang mengedepankan nilai-nilai Islam. Selain memberikan ilmu, guru juga memberikan contoh perilaku yang baik, berkomunikasi secara terbuka dan timbal balik, memberikan pujian, dan membangun ikatan emosional dan spiritual yang erat dengan siswanya. Telah dibuktikan bahwa hubungan baik yang dibina oleh instruktur Pendidikan Agama Islam memiliki pengaruh positif yang besar terhadap pertumbuhan siswa baik dalam bidang akademik maupun ekstrakurikuler.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah., & Azis. “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” 7(1) Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (2019): 51.
Aradea. “Bab 9 Dasar Komunikasi Dalam Pendidikan.” Teori & Konsep Pedagogik 1(2) (2019): 170.
Hanifah. “Peran guru dan orang tua dalam pendidikan karakter sejak masa sekolah di era digital.” Maliki Interdisciplinary Journal 2(9) (2024): 574–81.
Hermina, Mof. “SUPERVISI SEBAGAI PENDEKATAN KOLABORATIF PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Studi Multidisipliner 8(12) (2024).
Judrah, Arjum, Haeruddin, Mustabsyirah. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral.” Journal of Instructional and Development Researches 4(1) (2024): 25–37.
Latifa. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa.” Jurnal Tahsinia 4(1) (2023): 40–48.
Mirnawati, Oktavianty, Judrah, M., Safaruddin. “eran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik.” 3(1) Journal of Instructional and Development Researches (2023): 35–40.
Purwanugraha, Kertayasa. “Peran Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMK Farmasi Purwakarta.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(1) (2022): 681–89.
Rahman. “Idealitas Sosok Guru.” Nusantara Journal of Islamic Studies 3(1) (2022): 73–82.
Ramadhani, Mardiana, Putra. “Peran Ustadzah Sebagai Uswatun Hasanah Terhadap Kedisiplinan Santriwati Di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 8 Lampung Timur.” Jurnal Jendela Pendidikan 5(2) (2025): 279–84.
Sulaeka, Susanto. “Peran dan strategi guru dalam penanaman nilai toleransi sebagai upaya meminimalisir terjadinya bullying antar sesama siswa di sekolah dasar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 8(1) (2023): 137–43.
Sultani, SAlfitri, A., & Noorhaidi. “Teori Belajar Humanistik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 7(1) (2023): 177–93.
Sutisna. “Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Al Kautsar.” Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(2) (2016): 172–84.
Syardiansah. “Peranan kuliah kerja nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa: Studi kasus mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017.” M UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7(1) (2019): 57–68.
Wahyudi, Putri, Warda. “Pendidik Dan Peserta Didik, Dalam Pendidikan Islam.” At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam 2(1) (2024): 565–74.
Waqiah. “Penerapan Reward dan Punishment Dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di SMKN 4 Bone.” Jurnal Al-Qayyimah 4(1) (2023): 71–84.