PELATIHAN DESIGN USER INTERFACE (UI) WEBSITE PELAYANAN NASABAH PERBANKAN MENGGUNAKAN FIGMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari pengabdian ini yaitu memberi kesempatan kepada mahasiwa untuk memperoleh pengalaman praktis seusia dengan pengetahuan dan keterampilan program studinya, meningkatkan hubungan kerjasama yang baik antara Universitas Bina Darma dengan berbagai Instansi, Meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai praktek dalam dunia kerja sehingga dapat memberikan bekal kepada mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan serta menguji kemampuan mahasiswa dalam pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam penerapan pengetahuan dan attitude/perilaku mahasiswa dalam bekerja. Lokasi perusahaan yang dijadikan pengabdian yaitu di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk. Kantor Cabang Palembang, Jl. Rasyid Nawari No 516 Kota Palembang. Berdasarkan pengabdian dan pengembangan antarmuka pengguna (UI) pada website pelayanan nasabah Bank BJB cabang Palembang, dapat disimpulkan bahwa transformasi digital dalam bentuk perancangan ulang antarmuka memberikan dampak signifikan terhadap kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan. Desain baru yang dibuat menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) berfokus pada kebutuhan dan preferensi pengguna, menghasilkan prototipe yang responsif, intuitif, dan modern. Peningkatan kualitas navigasi, tampilan visual, dan aksesibilitas telah terbukti mampu memenuhi kebutuhan fungsional dan estetika, sekaligus meningkatkan pengalaman pengguna. Pelaksanaan pengabdian ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pengembang, pemangku kepentingan, dan nasabah untuk menghasilkan desain yang adaptif dan relevan. Pengujian usability memberikan data konkret mengenai efisiensi dan efektivitas antarmuka baru, meskipun perlu dilakukan pengujian lebih luas agar hasilnya semakin representative
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, et al. (2016). Website: Sekumpulan Halaman Digital dan Informasi. Albani, L., & Lombardi, G. (2010). User Centered-Design: ISO 9241-210: 2010. Darimi, Ismail. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Pemanfaatan dalam Pendidikan.
Haag, S., & Kelen, M. (1996). Information Technology Definition.
Jayanti, N. (2019). Penerapan User Centered-Design dalam Pengembangan Sistem Digital.
Kasmir, SE., MM. (2008). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. (2002). Marketing Management. Upper Saddle River: Prentice Hall. Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. =fvKukuh, A. (2017). Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi: Relevansi dan Aplikasi.
Lelyna. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Teknologi Informasi
Muhyidin, et al. (2020). Website sebagai Layanan Informasi Digital.
Nana Sudjana & Ahmad Rifai. (1989). Pengertian Teknologi: Sistematis dan Terstruktur.
Priyatna, H. (2019). Implementasi User-Centered Design dalam Perancangan Produk Digital.
Shneiderman, B., et al. (2017). Eight Golden Rules of Interface Design.
Sumarni. (2004). Konsep Pelayanan Jasa: Perspektif Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suteja, & Harjoko, T. (2008). User Interface Design for Software Applications. Verryn Stuart, G. M. (2004). Definisi Bank dan Perannya dalam Perekonomia