PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN GURU DI DAERAH TERPENCIL

Main Article Content

Agung Wijaksono

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada rendahnya kompetensi digital guru di daerah terpencil, yang menghambat pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelatihan literasi digital berbasis lokal dalam meningkatkan kompetensi digital guru di daerah terpencil. Metode yang digunakan adalah pendekatan eksperimen kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui angket yang diukur sebelum dan sesudah pelatihan, yang mencakup tiga aspek utama: penggunaan perangkat lunak, manajemen file, dan pengintegrasian teknologi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kompetensi digital guru, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 60% pada setiap aspek yang diuji. Kesimpulannya, pelatihan berbasis lokal terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi digital guru di daerah terpencil dan seharusnya diperluas serta dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memastikan dampak yang lebih luas.

Article Details

How to Cite
Wijaksono, A. (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN GURU DI DAERAH TERPENCIL. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–68. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.2405
Section
Articles
Author Biography

Agung Wijaksono, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda Kapongan Situbondo

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda Kapongan Situbondo

References

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(01), 855-866.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Pendidikan 2022. Badan Pusat Statistik. Diakses dari https://www.bps.go.id

Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. (2019). Pengaruh Teknologi Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4,0. SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 6(2), 96-144. Retrieved from https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/1629

Chandra, D. T., & Rustaman, N. (2009). Perkembangan Pendidikan Teknologi Sebagai Suatu Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 14(2), 37-50.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022. Kementerian Komunikasi dan Informatika. Diakses dari https://www.kominfo.go.id

Komalasari, K., Rahmat, R., Masyitoh, I. S., & Iswandi, D. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Digital Berbasis Living Values Education bagi Guru PPKn SMP di Kabupaten Garut. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2).

Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Nurcahyoko, K. ., Hartono, R. ., Annurwanda, P. ., Pebriyanto, Y. A. ., & Putri, C. . (2024). Pemberdayaan Guru Smp Kabupaten Landak Melalui Pemanfaatan Game-Based Learning Dan Cloud Computing Untuk Meningkatkan Literasi Digital . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10230–10236. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.36440

Nurhayati, E. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran Era Digital. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No 2.

SaSuwaji, R., Oktafiani, F., Sabella, R. I., Waloyo, W., & Kurniawati, R. (2024). Sosialisasi Literasi Digital Untuk Peningkatan Wawasan Dunia E-Commerce Hasil Tanaman Sayur Hidroponik. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5165-5172.

Shabani, K., Khatib, M., & Ebadi, S. (2010). Vygotsky's zone of proximal development: Instructional implications and teachers' professional development. English language teaching, 3(4), 237-248.

Sinensis, A. R., Firdaus, T., Mustofa, M. I., Puspita, I., & Chandra, A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Augmented Reality (Ar) Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Di Smp Negeri 3 Bp Peliung. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 5(5), 584-590.

Taufik, T., Putra, A., Imansyah, M. N., Nurdianah, N., & Iwansyah, I. (2023). Literasi Digital untuk Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kabupaten Dompu. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 6(5), 543-553. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i5.19584

Witarsa, R., Nurmalina, N., & Mufarizuddin, M. (2022). Penyuluhan Literasi Digital Desa Ridan Permai. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2962 (Original work published November 24, 2021)