PELATIHAN TEKNIS MEMBUAT BUKU MOTIVASI SEBAGAI KARYA TULIS UNTUK PARA GURU SMK NEGERI 1 DUMAI

Main Article Content

Muhammad Arif
Wetri Febrina
Melliana Melliana
Noto Wiroto

Abstract

Pengembangan profesi guru dan dosen melalui penulisan karya ilmiah menjadi aspek penting dalam meningkatkan karier dan jabatan fungsional mereka, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Namun, minat para pendidik terhadap penulisan ilmiah masih rendah, baik di kalangan guru maupun dosen. Fenomena ini terlihat di SMKN 1 Dumai, di mana banyak guru yang belum aktif menulis karya ilmiah. Untuk mengatasi masalah ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Sekolah Tinggi Teknologi Dumai melakukan pelatihan penulisan buku motivasi bagi para guru di SMKN 1 Dumai. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA), yang melibatkan peserta secara aktif mulai dari perencanaan hingga evaluasi program. Hasil dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para guru tentang proses penulisan, pencetakan buku, serta memberikan manfaat ekonomi dari karya tulis yang dihasilkan. Pelatihan ini juga diharapkan dapat membangkitkan minat para guru dalam menulis dan menghasilkan karya ilmiah yang dapat berkontribusi pada dunia pendidikan.

Article Details

How to Cite
Arif, M., Febrina, W., Melliana, M., & Wiroto, N. (2024). PELATIHAN TEKNIS MEMBUAT BUKU MOTIVASI SEBAGAI KARYA TULIS UNTUK PARA GURU SMK NEGERI 1 DUMAI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 714–719. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i2.2283
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Arif, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Wetri Febrina, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Melliana Melliana, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Noto Wiroto, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Arta, K. S. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2). https://doi.org/10.23887/ap.v5i2.17412

Arif, M., Azmi, Fitra, Melliana, & Mesra, T. (2022). Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Produksi Keripik Pisang Salai Bu Atika Di Kelurahan Bukit Nenas. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i2.113

Baca, T., Sukakarya, K., Dwi, E., Sari, K., & Ulya, S. A. A.-. (2022). Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( AJPKM ) Peningkatan Kemampuan Literasi Anak-Anak di Era Digitalisasi. 2(2).

https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i4.103

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Desyanti, D., Sari, F., Febrina, W., & Arif, M. (2021). Peningkatan Minat dan Skill Kewirausahaan Mayarakat di Kelurahan Bukit Batrem, Kota Dumai. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 2(2), 150–158. https://doi.org/10.33292/mayadani.v2i2.74

Group, F., & Proposal, R. (2022). Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( AJPKM ) Bimbingan Teknis dan Review Proposal Penelitian Guru dan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Jakarta Timur.

Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya. (1993). Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jazuli, M., Bisri, M. H., & Paranti, L. (2020). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Semarang. Varia Humanika, 1(1).

Khatimah, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Minat Belajar IPS Siswa SMK. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 222–229. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.85

Mayasari, D., Meirista, E., & Yuliyantika, E. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SMP Geradus Adii Merauke. Jurnal Abdidas, 3(6), 1112-1117. doi:https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.721o, I. (2023).

Ni Wayan Wardani, & Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra. (2020). Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Dwijendra Denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i1.279

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Sma Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Rahmawati, T. D., Prasetyo, E., & Nuwa, G. (2021). Workshop Penulisan PTK dan Publikasi Artikel Ilmiah untuk Guru Di SMA Negeri 1 Nita. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1). https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.183

Rochmawati, F., & Ahnaf, F. H. (2021). Upaya Meningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII dengan Model Discovery Learning di SMP Negeri 1 Winongan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 66–71.

https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.28

Sudjalil, S., Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2024). Pelatihan Menulis Best practice Pembelajaran Melalui Metode STAR bagi Guru SMA Panjura Malang. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(2), 617-629.

doi:https://doi.org/10.53769/jai.v4i2.799

Satria, D., Arif, M., & Hafrida, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.177