PROGRAM EDUKASI GIZI SEIMBANG DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS PADA SDN 208 & 209 GRESIK
Main Article Content
Abstract
Anak-anak di Indonesia terus menghadapi berbagai masalah gizi, termasuk gizi kurang dan gizi lebih. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar mengenai konsep gizi seimbang melalui program edukasi gizi di SDN 208 dan 209 Gresik. Program ini mencakup penyampaian materi gizi seimbang, praktikum "Isi Piringku" dan "Tumpeng Gizi", serta evaluasi melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa sebesar 20% setelah mengikuti kegiatan edukasi, yang menunjukkan efektivitas dari intervensi yang diberikan. Edukasi ini diharapkan dapat membekali siswa dengan pengetahuan dasar mengenai gizi seimbang, yang akan berdampak positif pada kesehatan dan pola makan mereka di masa depan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Almatsier, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta, PT Gramedia Utama
Fatimah, A.S.,Kurdanti, W. & Hartini, N.S. Efektivitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Media PGS Cardsdibandingkan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. [Naskah Publikasi]. Yogyakarta: Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Yogyakarta. 2017
Mustikaningsih, D., Supadi, J., Jaelani, M., Mintarsih, S. N., & Tursilowati, S. (2019). Efektivitas Pendidikan Gizi Menggunakan Media Edutainment Card Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Gizi, 7(1), 63–68. https://doi.org/10.31983/jrg.v7i1.4371
Sari, D. K., & Wulandari, R. D. (2020). Dampak malnutrisi pada anak usia sekolah: Studi literatur. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(1), 45-54.
Suryani, N. L. P., & Wirawan, N. N. (2018). Implementasi pedoman gizi seimbang dalam pola makan anak sekolah dasar. Jurnal Gizi dan Kesehatan Indonesia, 11(3), 150-158.
Yuliana, R., & Pratiwi, S. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar tentang pentingnya sarapan. Jurnal Gizi Indonesia, 10(2), 123-130.
Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Bergambar Dan Permainan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Studi Literature Review) (Vol. 10, Issue 1). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Hearty/issue/archive