PELATIHAN APLIKASI CANVA BAGI SISWA SMP NEGERI 2 PADANG TIJI

Main Article Content

Darmi
Maisura
Eka Agustina
Zakaria, H. M. Yusuf

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi dari kebutuhan untuk menumbuhkan keterampilan dan ketertarikan pada siswa SMP negeri 2 Padang Tiji. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka dilaksanakanlah PKM berupa pelatihan aplikasi canva kepada siswa maupun siswi SMP negeri 2 Padang tiji. Kegiatan pelatihan ini memiliki dua tujuan yaitu; mengenalkan aplikasi canva kepada siswa SMP negeri 2 Padang tiji, melatih siswa SMP negeri 2 Padang Tiji untuk membuat konten grafis dengan menggunakan aplikasi canva.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  menggunakan metode service learning. Secara keseluruhan kegiatan PKM ini berjalan dengan sangat baik sehingga mencapai hasil yang sangat maksimal pada dua poin berikut: (1) siswa SMP negeri 2 Padang Tiji telah mengenal penggunaan aplikasi canva (2) siswa SMP negeri 2 Padang Tiji dapat membuat konten grafis melalui aplikasi canva.


 


 

Article Details

How to Cite
Darmi, Maisura, Eka Agustina, & Zakaria, H. M. Yusuf. (2024). PELATIHAN APLIKASI CANVA BAGI SISWA SMP NEGERI 2 PADANG TIJI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 217–224. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1776
Section
Articles
Author Biographies

Darmi, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jabal Ghafur

Maisura, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jabal Ghafur

Eka Agustina, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jabal Ghafur

Zakaria, H. M. Yusuf, Universitas Jabal Ghafur

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jabal Ghafur

References

Adam, S., Kom, S., Msi, M., Syastra, M. T., Kom, S., & Si, M. (2015). Steffi Adam, S.Kom., M.MSI. Dan Muhammad Taufik Syastra S.Kom., M.SI. 2015 PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI SISWA KELAS X SMA ANANDA BATAM. 3(2), 78– 90.

Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Churiyah, M., Basuki, A., Filianti, F., Sholikhan, S., & Fikri Akbar, M. (2022). Canva for Education as a Learning Tool for Center of Excellence Vocational School (SMK Pusat Keunggulan) Program to Prepare Competitive Graduates in the Field of Creativity Skills in the Digital Age. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 226–234. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i3.228

Dony Novaliendry. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif ( Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO ). Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 106– 118. https://www.researchgate.net/publication/321 193593%0AAPLIKASI

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jurnal IKRAITH-TEKNOLOGI, 6(1), 62–68. http://repository.upi-yai.ac.id/6502/1/Artikel%20Jurnal%20Humaniora.pdf

Lodjo, F.S. (2013). Pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3)

Muzzammil, F., & Adilah. (2023). Voicetainer sebagai Peluang Kerja bagi Generasi Milenial dalam Bidang Komunikasi dan Public Speaking. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 129–143. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/mafaza.v3i2.2293

Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6): halaman 3538-3543.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimassiliwangi/article/view/6859/2593

Rohendi, & Muzzamil, F. (2021). Tipologi Pemilih Pemula pada Pilkada Jabar 2018: Studi tentang Tipe Pemilih dari Kalangan Remaja di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(1), 46–65. https://doi.org/10.55108/jap.v4i1.46

Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Perancangan Grafis.

Y, Maryono dan B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi Cetakan Pertama. Bandung : Quadra

Zuafa, Nurma. (2016). KARYA DESAIN GRAFIS SEBAGAI MATERI DAKWAH (STUDI TENTANG PRODUK DESAIN GRAFIS DAN MATERI DAKWAH DALAM GRUP “MUSLIM DESIGNER COMMUNITY” DI FACEBOOK). Diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6467/