PELATIHAN APLIKASI CANVA BAGI SISWA SMP NEGERI 2 PADANG TIJI
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi dari kebutuhan untuk menumbuhkan keterampilan dan ketertarikan pada siswa SMP negeri 2 Padang Tiji. Berdasarkan kebutuhan tersebut maka dilaksanakanlah PKM berupa pelatihan aplikasi canva kepada siswa maupun siswi SMP negeri 2 Padang tiji. Kegiatan pelatihan ini memiliki dua tujuan yaitu; mengenalkan aplikasi canva kepada siswa SMP negeri 2 Padang tiji, melatih siswa SMP negeri 2 Padang Tiji untuk membuat konten grafis dengan menggunakan aplikasi canva. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode service learning. Secara keseluruhan kegiatan PKM ini berjalan dengan sangat baik sehingga mencapai hasil yang sangat maksimal pada dua poin berikut: (1) siswa SMP negeri 2 Padang Tiji telah mengenal penggunaan aplikasi canva (2) siswa SMP negeri 2 Padang Tiji dapat membuat konten grafis melalui aplikasi canva.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adam, S., Kom, S., Msi, M., Syastra, M. T., Kom, S., & Si, M. (2015). Steffi Adam, S.Kom., M.MSI. Dan Muhammad Taufik Syastra S.Kom., M.SI. 2015 PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI BAGI SISWA KELAS X SMA ANANDA BATAM. 3(2), 78– 90.
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Churiyah, M., Basuki, A., Filianti, F., Sholikhan, S., & Fikri Akbar, M. (2022). Canva for Education as a Learning Tool for Center of Excellence Vocational School (SMK Pusat Keunggulan) Program to Prepare Competitive Graduates in the Field of Creativity Skills in the Digital Age. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 226–234. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i3.228
Dony Novaliendry. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif ( Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO ). Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 6(2), 106– 118. https://www.researchgate.net/publication/321 193593%0AAPLIKASI
Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jurnal IKRAITH-TEKNOLOGI, 6(1), 62–68. http://repository.upi-yai.ac.id/6502/1/Artikel%20Jurnal%20Humaniora.pdf
Lodjo, F.S. (2013). Pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3)
Muzzammil, F., & Adilah. (2023). Voicetainer sebagai Peluang Kerja bagi Generasi Milenial dalam Bidang Komunikasi dan Public Speaking. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 129–143. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/mafaza.v3i2.2293
Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(6): halaman 3538-3543.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimassiliwangi/article/view/6859/2593
Rohendi, & Muzzamil, F. (2021). Tipologi Pemilih Pemula pada Pilkada Jabar 2018: Studi tentang Tipe Pemilih dari Kalangan Remaja di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(1), 46–65. https://doi.org/10.55108/jap.v4i1.46
Sukirman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Supradaka, S. (2022). Pemanfaatan Canva sebagai Media Perancangan Grafis.
Y, Maryono dan B. Patmi Istiana. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi Cetakan Pertama. Bandung : Quadra
Zuafa, Nurma. (2016). KARYA DESAIN GRAFIS SEBAGAI MATERI DAKWAH (STUDI TENTANG PRODUK DESAIN GRAFIS DAN MATERI DAKWAH DALAM GRUP “MUSLIM DESIGNER COMMUNITY” DI FACEBOOK). Diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6467/