MIND MAPPING SEBAGAI METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS GURU TAMAN KANAK-KANAK DI DEPOK
Main Article Content
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan pada guru-guru Taman Kanak-Kanak yaitu di R.A. Kembang dan TK Sekar Ananda Kelurahan Beji Depok dalam memberikan pengenalan bahasa Inggris untuk murid-muridnya. Kegiatan belajar-mengajar di jenjang Pendidikan usia dini ini, terutama di Taman Kanak-Kanak melibatkan banyak hal, salah satunya adalah belajar Bahasa, baik Bahasa resmi (Indonesia), Bahasa daerah, dan Bahasa asing. Dalam pemerolehan Bahasa asing (Inggris) untuk anak usia dini, melibatkan banyak faktor, diantaranya adalah pengenalan kosakata. Guru dituntut memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar dan menguasai metode pengajaran yang tepat. Mind-mapping merupakan salah satu metode pengajaran yang menggunakan gambar serta teks dalam membantu siswa dalam menghafal materi pelajaran, teknik ini dilakukan dengan menggunakan secara maksimal kedua belahan otak manusia. Dengan mengadakan pelatihan penggunaan metode mind-mapping ini, para guru diharapkan dapat mengajarkan bahasa Inggris dengan mudah. Hasil yang dicapai adalah para guru mendapat wawasan baru tentang metode pengajaran di kelas, salah satunya adalah metode mind-mapping, guru dapat mempraktekan cara membuat pola/bagan mind-mapping sehingga nantinya mereka dapat menerapkan di kelas untuk mengajarkan pengenalan kosakata bahasa Inggris.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arulselvi, E. (2017). Mind Maps in Classroom Teaching and Learning. Excellence in Education Journal, 6(2), 50–65.
Etiyasningsih, Sundari, S., Sagiokta, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1574
Limbong, F., & Arifianto, Y. A. (2022). Urgensi Profesional Guru dalam Perkembangan Kognitif Nara didik. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 1–11.
Masitoh, M. P. (n.d.). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak.
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2).
Ramadhoni, S. R., & Ria Maharani. (2023). PENERAPAN KONSEP BUILDING LEARNING POWER UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 50–55. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i2.891
Rohmah, S., Poppyariyana, A. A., & Elnawati, E. (2021). STIMULASI KEMAMPUAN BERFIKIR SIMBOLIK MELALUI BERMAIN TEBAK ANGKA BERGAMBAR DI PAUD TP. HARAPAN INSANI PADA ANAK USIA 4–5 TAHUN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 64–73.
Septiani, A., Susanti, R., & Meilinda, M. (2014). Pengaruh Strategi Mencatat Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Retensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Xi Sma Plus Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(1), 7–14.
Sundari, S., Etiyasningsih, Wahyu Ivana, W. I., & Anggraini, P. D. (2024). MENUMBUHKAN MINAT BACA DI ERA DIGITAL: IMPLEMENTASI RUANG BACA DI MTS MODERN AL-HUDA WRINGINANOM GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 77–81. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1575