PELATIHAN STRATEGI KNOW- WANT TO KNOW- LEARNED SISWA UPT SPF SDN BAWAKARAENG II KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Nur Abidah Idrus
Saharullah

Abstract

Tujuan Pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa dengan strategi yang dapat digunakan dalam keterampilan membaca pemahaman siswa adalah strategi Know-Want To Know- Learned. Strateg Know-Want To Know-Learned dirasa sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas V dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman karena dapat membuat siswa membangun pengetahuan mereka dengan kegiatan membaca dan dapat memahami dengan baik isi dari teks bacaan yang ada, sehingga siswa dapat menemukan informasi yang ada dalam teks bacaan tersebut dengan tepat. Pembelajaran dengan penerapan strategi know-want to know-learned dikategorikan baik, hal tersebut dikarenakan sebagian besar indikator dalam pembelajaran telah dilaksanakan dengan baik.Berdasarkan hasil pengabdian ini, dapat pengabdi simpulkan bahwa penerapan strategi know-want to know-learned memberikan pengetahuan lebih baik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SDN Bawakaraeng II Kota Makassar.

Article Details

How to Cite
Abidah Idrus, N., & Saharullah. (2024). PELATIHAN STRATEGI KNOW- WANT TO KNOW- LEARNED SISWA UPT SPF SDN BAWAKARAENG II KOTA MAKASSAR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 190–196. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1692
Section
Articles
Author Biographies

Nur Abidah Idrus, Universitas Negeri Makassar

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar

Saharullah, Universitas Negeri Makassar

Prodi Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar

References

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.

Andayani. (2015). problema dan aksioma. Yogyakarta: Deepublish. Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (kwl) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1).

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Herlianto. (2015). Membaca pemahaman dengan strategi kwl Pemahaman dan minat membaca. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan Membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah Negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 87-93.

Intan, P. W. (2021). Implementasi strategi pembelajaran kwl (know- want to know - learned) terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas III C Sdn Purwodadi Simpang (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kadang, Eva. (2021). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Makassar: Garis Khatulistiwa.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Kharizmi, M. (2011). Keefektifan Penggunaan Strategi kwl (Know- Want To Know-Learned) Dalam Meningkatkan Kemampuan Efektif Membaca (KEM) Dan Motivasi Membaca Siswa Sekolah Dasar: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Luragunglandeuh Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lestari, Yinita Agung. (2019). Pengembangan Media Berbasis TI. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung. PT. Rosdakarya.

Nugraha, G. D. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Strategi Membaca Know-Want-Learn (KWL) bagi Siswa Kelas IV SDN Made 4 Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.

Nurhasanah, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Edu Pustaka.

Nurjanah, S., & Nugraheni, A. S. (2022). Meningkatkan Pemahaman Isi Pesan Dongeng Melalui Strategi Know Want To Know Learned (KWL) pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 812-818.

Prayogo, M. G., Rohmah, A. M., & Gian, A. S. (2015). Panduan Asesmen Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Percetakan Tandabaca.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rohana. 2021. Efective Strategies Learning and Teaching Reading Skill CV ALVRA. diakses dari https://www.Reseachgate.net/publication/352552853

Rustyaningsih, A. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Kwl Pada Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 2(2).

Salam, dkk. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Makassar: Syahadah Creative Media.

Satrijono, H., Badriyah, I. F., & Hutama, F. S. (2019). Penerapan Strategi Know, Want To Know, Learned (KWL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas IVB Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di SDN Jember Lor 02. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 102-107.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan teknik pembelajaran membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu, 28.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Penerbit Alfabeta Bandung

Syafitri, D. N. (2022). Penerapan strategi KWL (Know Want To Know-Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Untari, M. F. A., & Saputra, A. A. (2016). Keefektifan media komik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa Kelas IV SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 29-39.