EDUKASI KECEPATAN REAKSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN RESPON GERAK MOTORIK
Main Article Content
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan teori dan praktik secara langsung terkait peran kecepatan reaksi sebagai upaya peningkatan respon gerak motorik. Metode pengabdian yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Edukasi disampaikan melalui gambar yang ditampilkan pada media power point dengan menyampaikan pola latihan peregangan dalam permainan yang diterapkan dengan saling berinteraksi antar siswa, serta melibatkan peran guru agar bisa menerapkan latihan peregangan dan permainan yang dijadwalkan secara terstruktur agar peserta didik terlatih dalam mengikuti simulasi latihan respon kecepatan reaksi sehingga membantu dalam melatih responsibilitas fungsional gerak. Nilai rata-rata kecepatan reaksi siswa-siswi SDN 003 Samarinda pada hand touch reaction test sebesar 1,38 detik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa edukasi kecepatan reaksi sebagai upaya peningkatan respon gerak motorik yang diterapkan melalui latihan peregangan dan permainan dapat membantu meningkatkan respon kecepatan reaksi yang dapat mendukung fungsional gerak peserta didik
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Bankosz, Z., Nawara, H., & Ociepa, M. (2013). Assessment of Simple Reaction Time In Badminton Players. Trends In Sport Sciences. 1(20), 54-61.
Cahyaningrum, G. K., Naheria, N., & Cahyono, D. (2023). Pengaruh Latihan Bola Reaksi Dan Shadow Bulutangkis Terhadap Waktu Reaksi Visual. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3599-3605.
Fauzi, Dwihandaka, R., Pamungkas, O. I., Solikhin, M. N. (2021). Analisis biomotor kecepatan reaksi pada pemain bola voli kelas khusus olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 246-255.
Fauzi, M. S., Cahyono, D., Naheria, N., Cahyaningrum, G. K., & Amalia, H. D. (2023). Pelatihan Penerapan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara Pada Guru PJOK di Samarinda. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 796-804.
Hudain, M. A., & Ishak, M. (2020). Kontribusi Kecepatan Reaksi Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kecepatan Pukulan Gyaku Tsuki Chudan. SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 4(1), 46-52.
Kalat, J.W. (2012). Biopsikologi, biological physiology. Jakarta: Salemba Humanika.
Irawan, E. (2019). Pengaruh Kelincahan Kecepatan Gerak Dan Kelentukan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenismeja Siswa SMA Negeri 3 Maros. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(2):19–29.
Irawan, E., Shandi, S. A., & Salahudin. (2020). Manajemen Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kota Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(3).
Irianto, D. P. (2004). Upaya Miningkatkan Derajat Kebugaran Jasmani Dan Kesehatan. Yokyakarta.
Sabzi, A. (2012). The Effect of Different Fatigue Protocols on Choice Reaction Time. Middle East Journal of Scientific Research, 12(8), 1092-1096.
World Health Statistics. (2020). Monitoring Health For The Sdgs, Sustainable Development Goals. WHO Publications.