PENGUATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS DAN MANAJERIAL BAGI TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI GRESIK

Main Article Content

Nirwanto Maruf
Slamet Asari
Rahmat Agus Santoso
Ella Aprilia Tiana
Bhagaskoro Ardhianto Kurniawan

Abstract

Pendidikan bahasa Inggris dan manajemen kelas memainkan peran krusial dalam persiapan generasi muda untuk menghadapi tantangan global. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru di Sekolah Menengah Atas di Gresik dalam kedua bidang tersebut. Melalui pendekatan berbasis masalah, program ini melibatkan tiga tahapan utama: analisis kebutuhan, persiapan materi dan instruktur, serta pelaksanaan program yang mencakup workshop, pendampingan, dan sesi diskusi. Evaluasi menyeluruh menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan, kepercayaan diri, keterampilan manajemen kelas, interaksi antar guru, dan dampak langsung terhadap kinerja siswa. Program ini juga mendapatkan respon positif dari peserta, dengan mayoritas merasa puas dan menganggap kualitas fasilitator atau mentor sangat baik. Dengan demikian, program ini berhasil mencapai tujuannya dalam memperkuat kompetensi pendidik dan memperbaiki pengalaman belajar siswa di lingkungan sekolah menengah.

Article Details

How to Cite
Maruf, N., Asari, S., Santoso, R. A., Tiana, E. A., & Kurniawan, B. A. (2024). PENGUATAN KOMPETENSI BAHASA INGGRIS DAN MANAJERIAL BAGI TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DI GRESIK. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 88–95. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1577
Section
Articles
Author Biographies

Nirwanto Maruf, Universitas Muhammadiyah Gresik

Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Slamet Asari, Universitas Muhammadiyah Gresik

Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Rahmat Agus Santoso, Universitas Muhammadiyah Gresik

Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Ella Aprilia Tiana, Universitas Muhammadiyah Gresik

Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

Bhagaskoro Ardhianto Kurniawan, Universitas Muhammadiyah Gresik

Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik, Jawa Timur

References

Agarwal, A., & Gorayan Alrowaili, M. (2020). Prospects and Challenges of Social media (WhatsApp) usage over University Learning Management System (LMS) as an E-learning tool among University students, Kingdom of Saudi Arabia (KSA). Pakistan Journal of Medical and Health Sciences, 14(2).

Ahmed, S. T. S., & Pawar, S. V. (2018). Communicative Competence in English as a Foreign Language: Its Meaning and the Pedagogical Considerations for its Development The Creative Launcher. The Creative Launcher: An International, Open Access, Peer Reviewed, Refereed, E-Journal in English, 2(6).

Ali, Z., Masroor, F., & Khan, T. (2020). Creating Positive Classroom Environment For Learners ’ Motivation Towards Communicative Competence In The English Language. Journal of the Research Society of Pakistan, 1(57).

Barnett, L., & Carter, E. (2011). Knowledge Management, Cultural Knowledge and Intercultural Competence. Proceedings of the International Conference on Intellectual Capital, Knowledge Management & Organizational Learning.

Fukhoiroh, I., Sitika, A. J., & Fauziah, D. N. (2022). The implementation of Student Management In Improving the Competence of Graduates at SDN Karawang Kulon II. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3433

Irhamia, I. (2021). Students’ Perception And Motivation Towards Online Language Learning. English Language Teaching for EFL Learners, 3(2). https://doi.org/10.24252/elties.v3i2.21888

Junaidi, M., & Agustina, A. D. (2020). Freshman’s Motivation and Attitude Toward English Learning in EFL Context. Linguistics and English Language Teaching Studies, 1(1).

Maja, M. M. (2019). Classroom interaction pedagogy in teaching English First Additional Language to enhance learners’ communicative competence. Per Linguam, 35(1). https://doi.org/10.5785/35-1-861

Maruf, N., & Anjely, A. M. R. (2020). Utilizing Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with mobile Learning to Enhance Students’ Reading Comprehension. British (Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris), 9(2), 10–19.

Masyhud, A., Maruf, N., & Asari, S. (2023). The Effectiveness of Mobile Collaborative Learning on Students’ Writing Performance by Implementing Magnet Summary Strategy. JET ADI BUANA, 8(01). https://doi.org/10.36456/jet.v8.n01.2023.7036

Muhammad, Y., & Iqbal, T. (2020). Using differentiated instruction in inclusive schools: A qualitative analysis of prospective teachers’ self-efficacy. Journal of Inclusive Education.

Onyishi, C. N., & Sefotho, M. M. (2020). Teachers’ perspectives on the use of differentiated instruction in inclusive classrooms: Implication for teacher education. International Journal of Higher Education, 9(6). https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p136

Oviedo Guado, N. G., & Mena Mayorga, J. I. (2021). Communicative language teaching approach in the development of speaking skill. Ciencia Digital, 5(4). https://doi.org/10.33262/cienciadigital.v5i4.1865

Philipose, C., & Rajagopal, S. (2019). Google Classroom as a Learning Management System (LMS) For Teaching English. Fortell, 1(38).