EDUKASI PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
Main Article Content
Abstract
Pengelolaan kelas yang efektif dalam pembelajaran ketika dapat mewujudkan kondisi kelas sebagai lingkungan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan seoptimal mungkin, menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi interaksi pembelajaran, menyediakan dan mengatur fasilitas yang mendukung siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa, serta dapat membimbing siswa sesuai dengan sosial, ekonomi, budaya dan sifat/karakter siswa. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan pembelajaran perlu diketahui kondisi dan masalah yang terjadi pada siswa pada saat pembelajaran berlangsung. ada dua kegiatan dalam pengelolaan kelas yakni : pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas. Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan kelas bagi ABK yakni dengan :1) memotivasi peserta didik secara kontinu, 2) pemberian reward bagi peserta didik, 3) pengaturan tempat duduk, yakni dengan menempatkan tempat duduk yang tidak mengganggu belajar peserta didik yang regular dan dekat dengan guru pendamping.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Ade Rukmana dan Asep Suryana, (2006), Pengelolaan Kelas, Bandung : UPI PRESS, 2006,
Badrudin. 2014, Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1587
https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/3
https://pssh.umsida.ac.id/index.php/pssh/article/view/136/145
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan)
Nurhalisah, (2010)“Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas”,Jurnal Lentera Pendidikan, Vol 13 no 2, (Desember, 2010), 194.
Pristian Hadi Putra, dkk. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1. Hal. 80-95
Rofiq, M. Aunur, (2009). Pengelolaan kelas. Malang : Departemen Pendidikan nasional direktorat jenderal peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial Malang.
Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Yohana, Yoyok Cahyono, Rahmawati, A., Bambang Eko Prabowo, Ivan Selly Dewantara, Muhamad Yusuf Firdaus, Rizqi Oktara Dievanda, Siti Muktiana Haelani, & Tesyya Nopita Rafles. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PELATIHAN SOSIAL KEPADA ANAK PANTI DI YAYASAN BAITUL YATIM H. CAONG . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 144–150. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.896