EDUKASI PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Main Article Content

Adrijanti
Bariroh Bariroh
Noor Indahwati
Elisatussya’bania

Abstract

Pengelolaan kelas  yang  efektif  dalam  pembelajaran  ketika dapat mewujudkan  kondisi  kelas  sebagai  lingkungan  pembelajaran  yang memungkinkan siswa   untuk   mengembangkan   kemampuan   seoptimal   mungkin,   menghilangkan berbagai  hambatan  yang  dapat  menghalangi  interaksi  pembelajaran,  menyediakan dan  mengatur  fasilitas  yang  mendukung  siswa belajar  sesuai  dengan  lingkungan sosial, emosional dan intelektual siswa, serta dapat membimbing siswa sesuai dengan sosial, ekonomi, budaya dan sifat/karakter siswa. Oleh karena itu, dalam  pelaksanaan pembelajaran  perlu  diketahui  kondisi  dan  masalah  yang  terjadi pada siswa pada saat pembelajaran berlangsung. ada dua kegiatan dalam pengelolaan kelas yakni : pengaturan siswa dan pengaturan fasilitas.  Upaya yang dilakukan dalam pengelolaan kelas bagi ABK yakni dengan :1)  memotivasi peserta didik secara kontinu, 2) pemberian reward bagi peserta didik, 3) pengaturan tempat duduk, yakni dengan menempatkan tempat duduk yang tidak mengganggu belajar peserta didik yang regular dan dekat dengan guru pendamping.

Article Details

How to Cite
Adrijanti, Bariroh, B., Indahwati, N., & Elisatussya’bania. (2024). EDUKASI PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 82–87. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1576
Section
Articles
Author Biographies

Adrijanti, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Bariroh Bariroh, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Noor Indahwati, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

Elisatussya’bania, Universitas Gresik

Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Gresik, Gresik

References

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Ade Rukmana dan Asep Suryana, (2006), Pengelolaan Kelas, Bandung : UPI PRESS, 2006,

Badrudin. 2014, Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kedua. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

https://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/1587

https://journal.univgresik.ac.id/index.php/progresif/article/view/3

https://pssh.umsida.ac.id/index.php/pssh/article/view/136/145

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan)

Nurhalisah, (2010)“Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas”,Jurnal Lentera Pendidikan, Vol 13 no 2, (Desember, 2010), 194.

Pristian Hadi Putra, dkk. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Implementasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 1. Hal. 80-95

Rofiq, M. Aunur, (2009). Pengelolaan kelas. Malang : Departemen Pendidikan nasional direktorat jenderal peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial Malang.

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yohana, Yoyok Cahyono, Rahmawati, A., Bambang Eko Prabowo, Ivan Selly Dewantara, Muhamad Yusuf Firdaus, Rizqi Oktara Dievanda, Siti Muktiana Haelani, & Tesyya Nopita Rafles. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PELATIHAN SOSIAL KEPADA ANAK PANTI DI YAYASAN BAITUL YATIM H. CAONG . Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 144–150. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.896

Most read articles by the same author(s)