PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “SPINNING WHEEL DAN FLASH CARDS” UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

Novi Sriwulandari
Risma Kartika Dewi
Marselina Banja Uru
Dewi Masyitah

Abstract

Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang penting untuk diperkenalkan sejak dini mengingat Pada anak usia 0-12 tahun, perkembangan otak mereka tengah berada pada masa “Golden Period” dimana pada masa ini daya serap tentang bahasa sangatlah cepat. Maka memperkenalkan sebuah bahasa asing khususnya Bahasa Inggris kepada mereka adalah sebuah langkah yang tepat guna mempersiapkan masa depan mereka dalam rangka menghadapi persaingan global. Pengabdian masyarakat di TK Futuhatul Ulum desa Roomo, kecamatan Manyar kabupaten Gresik  bertujuan untuk mengajarkan kosakata (nama-nama hewan yang terdapat di lingkungan sekitar) dengan menggunakan media pembelajaran “Spinning Wheel dan Flash Cards” kepada 20 siswa usia 5-6 tahun. Metode kegiatan berupa Interview, observasi, demonstrasi serta pendampingan kepada siswa. Dalam kegiatan ini, para siswa diajarkan berbagai macam kosakata tentang binatang yang berada di lingkungan sekitar melalui permainan dengan menggunakan media pembelajaran “Spinning Wheel dan Flash Cards”. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa para siswa begitu antusias mengikuti proses belajar, mereka merasa senang dan kosakata mereka tentang hewan yang ada di lingkungan sekitar menjadi bertambah.

Article Details

How to Cite
Sriwulandari, N., Dewi, R. K., Banja Uru, M., & Masyitah, D. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “SPINNING WHEEL DAN FLASH CARDS” UNTUK MENGAJARKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK USIA DINI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 63–70. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1573
Section
Articles
Author Biographies

Novi Sriwulandari, Universitas Gresik

Program Studi Sastra Inggris, Universitas Gresik, Kota Gresik

Risma Kartika Dewi, Universitas Gresik

Program Studi Sastra Inggris, Universitas Gresik, Kota Gresik

Marselina Banja Uru, Universitas Gresik

Program Studi Sastra Inggris, Universitas Gresik, Kota Gresik

Dewi Masyitah, Universitas Gresik

Program Studi Sastra Inggris, Universitas Gresik, Kota Gresik

References

AINI, NUR. 2022.Peningkatan Hasil Belajar Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Materi Daily Activity Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa.Jurnal Kinerja Pendidikan, Vol. 4(3):632-647. https://www.journalserambi.org/index.php/jkk/article/view/162/115.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Badul, Helena dan Uloli, Hendra. 2023. Flash Card sebagaiMedia Pembelajaran yang Menarik untuk Meningkatakan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SDN 2 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Pengabdian Teknik Industri, Vol.2 (2):72-77. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jpit/article/view/22729

Firdaus, Muthiara dan Muryanti, Elise. 2020. Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan Tambusai, Vol.4(2): 1216-1227. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/588/515.

Gustomi, A., Kusuma, N. I. L., & Yuliani, L. (2024). Peran Tutor PAUD dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. MISTER: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(2), 150–156. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2.1300

Harahap, Yuliasari dan Zulfitri. 2019. Penerapan Media Flash Card dalam Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa TK Setia Budi Perbaungan. Prosiding Seminar Nasional Hasil penelitian, Vo. 2(1): 605-608

https://eprosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/185

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Third Edition. Cambridge: Pearson Education.

Hurlock, E, B. (1980). Psikologi Perkembangan: Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidiyanti. Jakarta: Erlangga

Iqbal, M. (2024). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENYUSUN MODUL AJAR PADA SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 136–143. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.845

M.M, Jadal. 2012. Increasing The Achievement of Students by Using The Activity Based Joyful Learning Approach. Journal of Arts and Culture, Vol. 3 (2): 110-114. https://bioinfopublication.org/files/articles/3_2_1_JAC.pdf

Nugraeni, A. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Identitas Sosial Anak Muda. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 142~147. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2247

Nurani, Y. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Richards, J. (1985). Longman Dictionary of Applied Linguistics. Longman Group Ltd.

Saputri, Sisca Wulansari.2020. Pengenalan Flashcard sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris.Jurnal Abdikarya, Vol.2(1): 56-61 https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/abdikarya/article/view/1061

Scott, W.A., an d Ytreberg, L.H. 1990. Teaching English to Children. New York: Longman.

Sudjana dan Rivai. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sriwahyuni. 2020. Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.4(1): 9-16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/23734

Sriwulandari, Novi, et.al. 2023. Program “E-Funtastic (English Fun and Fantastic)” untuk Siswa Taman Kanak-Kanak Desa Gapuro Sukolilo Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Lingkungan, Vol.1(2): 56-59 https://journal.umg.ac.id/index.php/jpml/article/view/5002

Wolk, Steven. 2008. Joy: Joyful Learning Can Flourish in School---If You Give Joy a Chance. Chicago: Educational Leadership