PELATIHAN IDENTIFIKASI PENGETAHUAN STANDARISASI ALAT PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN ASISTEN LABORATORIUM KOMPUTER ISB ATMA LUHUR

Main Article Content

R Ferry Bakti Atmaja
Burham Isnanto F
Agus Dendi Rachmansyah

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan identifikasi pengetahuan standarisasi alat praktikum dan keterampilan asisten laboratorium komputer di ISB Atma Luhur. Pelatihan ini menggunakan metode kombinasi presentasi, diskusi, dan simulasi untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta dalam mengidentifikasi standarisasi alat praktikum dan mengasah keterampilan yang dibutuhkan sebagai asisten laboratorium. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan asisten laboratorium terkait standarisasi alat praktikum dan pengelolaan laboratorium. 

Article Details

How to Cite
Atmaja, R. F. B., Isnanto F, B., & Rachmansyah, A. D. (2024). PELATIHAN IDENTIFIKASI PENGETAHUAN STANDARISASI ALAT PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN ASISTEN LABORATORIUM KOMPUTER ISB ATMA LUHUR. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i1.1550
Section
Articles
Author Biographies

R Ferry Bakti Atmaja, ISB Atma Luhur

Program Studi Bisnis Digital, ISB Atma Luhur, Kota Pangkalpinang

Burham Isnanto F, ISB Atma Luhur

Program Studi Teknik Informatika, ISB Atma Luhur, Kota Pangkalpinang

Agus Dendi Rachmansyah, ISB Atma Luhur

Program Studi Sistem Informasi, ISB Atma Luhur, Kota Pangkalpinang

References

Darmanto, D., Wahyudi, E., Pratiwi, M., & Sari, C. (2023). Implementasi sistem informasi dalam upaya optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer jurusan teknik informatika politap. Applied Information Technology and Computer Science (Aicoms), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58466/aicoms.v1i1.841

Eliyart, E., & Rahayu, C. (2021). Deskripsi keterampilan dasar laboratorium mahasiswa teknik pada praktikum kimia dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.143

Felege, C., Hunter, C., & Ellis-Felege, S. (2022). Personal impacts of the undergraduate teaching assistant experience. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 22(2). https://doi.org/10.14434/josotl.v22i2.31306

Flaherty, A., O’Dwyer, A., Mannix‐McNamara, P., & Leahy, J. (2017). Aligning perceptions of laboratory demonstrators’ responsibilities to inform the design of a laboratory teacher development program. Journal of Chemical Education, 94(8), 1007–1018. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.7b00210

Gormally, C., Sullivan, C., & Szeinbaum, N. (2016). Uncovering barriers to teaching assistants (tas) implementing inquiry teaching: inconsistent facilitation techniques, student resistance, and reluctance to share control over learning with students. Journal of Microbiology and Biology Education, 17(2), 215–224. https://doi.org/10.1128/jmbe.v17i2.1038

Saputro, F., & Susilawati, S. (2020). Identifikasi pengetahuan standarisasi alat praktikum dan keterampilan asisten laboratorium fisika dasar di uin walisongo semarang. Jurnal Luminous Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4555

Sarjani, T., Pandia, E., & Mawardi, A. (2022). Pelatihan pengelolaan dan perawatan laboratorium ipa bagi guru smp se-aceh timur. Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.5460

Wang, J. (2024). The laboratory skills contest: an activity to improve and evaluate students’ laboratory practice through the determination of water hardness. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.3c00947

Wanto, A., & Kurniawan, E. (2018). Seleksi penerimaan asisten laboratorium menggunakan algoritma ahp pada amik-stikom tunas bangsa pematangsiantar. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(1), 11. https://doi.org/10.26798/jiko.2018.v3i1.106