PELATIHAN IDENTIFIKASI PENGETAHUAN STANDARISASI ALAT PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN ASISTEN LABORATORIUM KOMPUTER ISB ATMA LUHUR
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan identifikasi pengetahuan standarisasi alat praktikum dan keterampilan asisten laboratorium komputer di ISB Atma Luhur. Pelatihan ini menggunakan metode kombinasi presentasi, diskusi, dan simulasi untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta dalam mengidentifikasi standarisasi alat praktikum dan mengasah keterampilan yang dibutuhkan sebagai asisten laboratorium. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan asisten laboratorium terkait standarisasi alat praktikum dan pengelolaan laboratorium.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Darmanto, D., Wahyudi, E., Pratiwi, M., & Sari, C. (2023). Implementasi sistem informasi dalam upaya optimalisasi pengelolaan laboratorium komputer jurusan teknik informatika politap. Applied Information Technology and Computer Science (Aicoms), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.58466/aicoms.v1i1.841
Eliyart, E., & Rahayu, C. (2021). Deskripsi keterampilan dasar laboratorium mahasiswa teknik pada praktikum kimia dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.143
Felege, C., Hunter, C., & Ellis-Felege, S. (2022). Personal impacts of the undergraduate teaching assistant experience. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 22(2). https://doi.org/10.14434/josotl.v22i2.31306
Flaherty, A., O’Dwyer, A., Mannix‐McNamara, P., & Leahy, J. (2017). Aligning perceptions of laboratory demonstrators’ responsibilities to inform the design of a laboratory teacher development program. Journal of Chemical Education, 94(8), 1007–1018. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.7b00210
Gormally, C., Sullivan, C., & Szeinbaum, N. (2016). Uncovering barriers to teaching assistants (tas) implementing inquiry teaching: inconsistent facilitation techniques, student resistance, and reluctance to share control over learning with students. Journal of Microbiology and Biology Education, 17(2), 215–224. https://doi.org/10.1128/jmbe.v17i2.1038
Saputro, F., & Susilawati, S. (2020). Identifikasi pengetahuan standarisasi alat praktikum dan keterampilan asisten laboratorium fisika dasar di uin walisongo semarang. Jurnal Luminous Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4555
Sarjani, T., Pandia, E., & Mawardi, A. (2022). Pelatihan pengelolaan dan perawatan laboratorium ipa bagi guru smp se-aceh timur. Budimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.5460
Wang, J. (2024). The laboratory skills contest: an activity to improve and evaluate students’ laboratory practice through the determination of water hardness. Journal of Chemical Education. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.3c00947
Wanto, A., & Kurniawan, E. (2018). Seleksi penerimaan asisten laboratorium menggunakan algoritma ahp pada amik-stikom tunas bangsa pematangsiantar. Jiko (Jurnal Informatika Dan Komputer), 3(1), 11. https://doi.org/10.26798/jiko.2018.v3i1.106