PELATIHAN DAN PENINGKATAN LITERASI FINANSIAL BAGI SISWA SD NEGERI SERDANG WETAN KECAMATAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG

Main Article Content

Nadia Nurul Ramadanti
Suhendra
Mutiara Islami
Achmad Saypullah
Muhamad Praditiya Aprian
Muhamad Safei
Taufik Hidayah
Kusmanto

Abstract

Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan kewirausahaan digital pada siswa SDN Serdang Wetan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dengan melibatkan 115 peserta didik, kegiatan berfokus pada pelatihan pembuatan kerajinan tangan berupa aksesoris dan penyampaian materi literasi keuangan. Tim pengabdian terdiri dari tujuh orang, termasuk mahasiswa dan dosen pembimbing, yang bekerja sama untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta pengabdian. Melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang literasi keuangan dan memberikan keterampilan dalam membuat produk kerajinan yang dapat dijual secara digital. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program PKM dapat menjadi sarana efektif untuk memajukan pengetahuan dan keterampilan siswa di tingkat dasar

Article Details

How to Cite
Ramadanti, N. N., Suhendra, Mutiara Islami, Achmad Saypullah, Muhamad Praditiya Aprian, Muhamad Safei, Taufik Hidayah, & Kusmanto. (2024). PELATIHAN DAN PENINGKATAN LITERASI FINANSIAL BAGI SISWA SD NEGERI SERDANG WETAN KECAMATAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 226–232. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.1175
Section
Articles
Author Biographies

Nadia Nurul Ramadanti, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Suhendra, Universitas Pramita Indonesia

  Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Mutiara Islami , Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Achmad Saypullah, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Muhamad Praditiya Aprian, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Muhamad Safei, Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Taufik Hidayah , Universitas Pramita Indonesia

Mahasiswa  Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

Kusmanto, Universitas Pramita Indonesia

Dosen Program Studi Manajemen Bisnis, Universitas Pramita Indonesia

References

Amran, M., Muhammad Irfan, Muslimin, & Lukman Ali. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821

Dasar, S., Sd, D. I., & Kalimiru, N. (2023). Pengenalan literasi keuangan dan bisnis untuk anak-anak sekolah dasar di sd negeri kalimiru, bayan, purworejo. 7, 2343–2350.

Gathergood, J. (2012). Self-control, financial literacy and consumer over-indebtedness. Journal of Economic Psychology, 33(3), 590–602. https://doi.org/10.1016/j.joep.2011.11.006

Hamna, Moh Fajrin, Muh. Khaerul Ummah BK, & Muliyani. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Membaca Menulis Menghitung pada Kelas 1 dan 2 yang Efektif di MIS DDI Teluk Bone Kec. Galang Kab. Tolitoli . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.243

Hapsari, F., Siti Wahyuni, & Mirna Herawati. (2024). PKM PELATIHAN LITERASI TIK BAGI KADER POSYANDU CENDRAWASIH 2 - CIRACAS. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 164–168. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.994

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Luthfi Thirafi, Nora Akbarsyah, F. F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Journal of Community Services, 4(2), 36–40.

Pujianti, T., Syaodih, E., & Djoehaeni, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 99–108.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case For A Clearer Definition In An Increasingly Complex Economy. Journal Of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/J.1745- 6606.2010.01169

Rizkiyah, N. (2023). Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 246~250. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2177

Triyaningsih, L., & Astrid Salsabila Widya Wardhani. (2024). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Menggunakan Microsoft Access pada Peternakan UD Permata Jaya di Banyuwangi. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 67~84. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2227

Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161