PELATIHAN DAN PENINGKATAN LITERASI FINANSIAL BAGI SISWA SD NEGERI SERDANG WETAN KECAMATAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan kewirausahaan digital pada siswa SDN Serdang Wetan melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dengan melibatkan 115 peserta didik, kegiatan berfokus pada pelatihan pembuatan kerajinan tangan berupa aksesoris dan penyampaian materi literasi keuangan. Tim pengabdian terdiri dari tujuh orang, termasuk mahasiswa dan dosen pembimbing, yang bekerja sama untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta pengabdian. Melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, kegiatan ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang literasi keuangan dan memberikan keterampilan dalam membuat produk kerajinan yang dapat dijual secara digital. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa program PKM dapat menjadi sarana efektif untuk memajukan pengetahuan dan keterampilan siswa di tingkat dasar
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amran, M., Muhammad Irfan, Muslimin, & Lukman Ali. (2024). PENDAMPINGAN MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI UPT SD NEGERI 37 BARRU, KECAMATAN TANETE RILAU KABUPATEN BARRU. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 112–119. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.821
Dasar, S., Sd, D. I., & Kalimiru, N. (2023). Pengenalan literasi keuangan dan bisnis untuk anak-anak sekolah dasar di sd negeri kalimiru, bayan, purworejo. 7, 2343–2350.
Gathergood, J. (2012). Self-control, financial literacy and consumer over-indebtedness. Journal of Economic Psychology, 33(3), 590–602. https://doi.org/10.1016/j.joep.2011.11.006
Hamna, Moh Fajrin, Muh. Khaerul Ummah BK, & Muliyani. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Metode Membaca Menulis Menghitung pada Kelas 1 dan 2 yang Efektif di MIS DDI Teluk Bone Kec. Galang Kab. Tolitoli . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 67–73. https://doi.org/10.35870/ibjpm.v1i2.243
Hapsari, F., Siti Wahyuni, & Mirna Herawati. (2024). PKM PELATIHAN LITERASI TIK BAGI KADER POSYANDU CENDRAWASIH 2 - CIRACAS. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 164–168. https://doi.org/10.32672/ampoen.v1i3.994
Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780
Luthfi Thirafi, Nora Akbarsyah, F. F. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Sosialisasi Literasi Keuangan di SDN 2 dan SDN 4 Desa Karangjaladri Kabupaten Pangandaran. Journal of Community Services, 4(2), 36–40.
Pujianti, T., Syaodih, E., & Djoehaeni, H. (2019). Peran Orang Tua Dalam Melakukan Financial Education Pada Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 99–108.
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated: The Case For A Clearer Definition In An Increasingly Complex Economy. Journal Of Consumer Affairs, 44(2), 276–295. https://doi.org/10.1111/J.1745- 6606.2010.01169
Rizkiyah, N. (2023). Pengaruh Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2), 246~250. https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2177
Triyaningsih, L., & Astrid Salsabila Widya Wardhani. (2024). Perancangan Aplikasi Pengelolaan Keuangan Menggunakan Microsoft Access pada Peternakan UD Permata Jaya di Banyuwangi. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 2(1), 67~84. https://doi.org/10.35870/ljit.v2i1.2227
Zakaria, Z., Yenni Agustina, Muslem Daud, A Hamid, & Dedi Sufriadi. (2023). Meningkatkan Literasi dan Kualitas Pembelajaran yang Kreatif Berorientasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Pendidikan Ekonomi . Indonesia Bergerak: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.161