Motivasi Belajar sebagai Prediktor Prestasi Akademik pada Mahasiswa Baru
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar sebagai prediktor prestasi akademik pada mahasiswa baru di perguruan tinggi. Motivasi belajar dipandang sebagai faktor psikologis utama yang berperan penting dalam keberhasilan akademik mahasiswa, terutama pada masa transisi dari sekolah menengah ke pendidikan tinggi yang menuntut kemampuan adaptasi akademik lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana yang diolah menggunakan software EViews 12. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 mahasiswa baru yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Variabel yang digunakan meliputi motivasi belajar sebagai variabel independen dan prestasi akademik mahasiswa yang diukur melalui Indeks Prestasi Kumulatif semester pertama sebagai variabel dependen. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa baru, ditunjukkan melalui nilai koefisien regresi sebesar 0.051085 dengan nilai signifikansi 0.0000 (p < 0.05). Selain itu, nilai R-Squared sebesar 0.878813 mengindikasikan bahwa motivasi belajar mampu menjelaskan 87.88% variasi prestasi akademik mahasiswa baru. Temuan ini memperlihatkan bahwa motivasi belajar merupakan faktor dominan dalam mendukung keberhasilan studi pada tahun pertama kuliah. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa institusi pendidikan tinggi perlu menerapkan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa sejak awal perkuliahan guna mendukung capaian akademik yang lebih optimal.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahrari, S., Roslan, S., Zaremohzzabieh, Z., Mohd Rasdi, R., & Abu Samah, A. (2021). Relationship between teacher empowerment and job satisfaction: A Meta-Analytic path analysis. Cogent Education, 8(1), 1898737.
Credé, M., & Niehorster, S. (2012). Adjustment to college as measured by the student adaptation to college questionnaire: A quantitative review of its structure and relationships with correlates and consequences. Educational Psychology Review, 24(1), 133–165.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(20), 416–436.
Erfani, N. (2017). The intermediary role of learning motivation in predicting academic achievement based on the students’ cognitive and metacognitive strategies. Journal of Educational Psychology Studies, 14(26), 167–198.
Hapsari, R. , & Wirawan, H. (2023). Motivasi belajar sebagai determinan prestasi akademik mahasiswa program sarjana. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 12(1), 45–56.
Holzberger, D., & Prestele, E. (2021). Teacher self-efficacy and self-reported cognitive activation and classroom management: A multilevel perspective on the role of school characteristics. Learning and Instruction, 76, 101513.
Lichtenfeld, S., Pekrun, R., Marsh, H. W., Nett, U. E., & Reiss, K. (2023). Achievement emotions and elementary school children’s academic performance: Longitudinal models of developmental ordering. Journal of Educational Psychology, 115(4), 552.
Park, S. , & Kim, J. (2020). The role of academic motivation and suffering in academic achievement among university students. . Journal of College Student Development, 61(2), 234–248.
Rachmawati, D. , Santoso, B. , & & Lestari, I. (2021). Learning motivation as a determinant of academic performance among undergraduate students. Psychology and Education Journal, 58(4), 1259–1269.
Sunarto, D. , & Pratiwi, E. R. (2023). The effect of student learning motivation on academic success in higher education. I. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 6(1), 33–42.
Turan, S. , Aydin, E. , & Kaplan, B. (2024). Intrinsic motivation and student performance: A sustainable education model. International Journal of Educational Development, 98, 102789.