Efektivitas Program Pelatihan Bahasa Inggris bagi Karyawan Hotel New Saphir Yogyakarta dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (PT. Sanbe Karyapersada, Hotel New Saphir Yogyakarta)

Main Article Content

Sinyo Herde Keleyan
Arif Hartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Hotel New Saphir Yogyakarta dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan kualitas pelayanan karyawan terhadap tamu asing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap peserta pelatihan serta pihak manajemen hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan bahasa Inggris di Hotel New Saphir Yogyakarta berjalan efektif pada empat level model Kirkpatrick, yaitu reaction, learning, behavior, dan result. Pada level reaction, peserta memberikan tanggapan positif terhadap metode pelatihan yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan kerja. Pada level learning, terjadi peningkatan kemampuan kosakata, pelafalan, serta keterampilan berbicara dalam konteks pelayanan. Pada level behavior, pelatihan menumbuhkan rasa percaya diri, sikap profesional, dan kemampuan adaptif karyawan dalam menghadapi tamu asing. Sementara pada level result, pelatihan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan, kepuasan tamu, dan citra profesional hotel. Secara keseluruhan, pelatihan bahasa Inggris berbasis praktik langsung terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi karyawan dan menjadi strategi penting dalam pengembangan sumber daya manusia di industri perhotelan.

Article Details

How to Cite
Sinyo Herde Keleyan, & Arif Hartono. (2025). Efektivitas Program Pelatihan Bahasa Inggris bagi Karyawan Hotel New Saphir Yogyakarta dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (PT. Sanbe Karyapersada, Hotel New Saphir Yogyakarta). Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.32672/mister.v3i1.3886
Section
Articles

References

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal studi manajemen dan bisnis, 5(2), 64-69.

Fathurohman, F., & Baihaqi, D. R. (2025). Effectiveness Training Employee to Improvement Service Hotel at‎ Pullman Bandung. An International Journal Tourism and Community Review, 2(1), 87-93.

Guntoro, Y. T. (2021). ESP course design for Indonesian hotel industry: Need Analysis. English Learning Innovation (Englie), 2(2), 52-61.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.bisnis, 5(2), 64-69.

Harahap, M., & Arini, R. (2024). English Speaking Training for Hotel Staffs: A Study on Perception. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(20), 554-560. https://doi.org/10.5281/zenodo.14424304

Hasdiansa, I. W., Hasbiah, S., & Hamka, R. A. (2023). Pelatihan Komunikasi Bahasa Inggris Karyawan RM Rest Area Sasayya dalam Upaya Peningkatan Layanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 836-844. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.945

Husin, M. S., Ibrahim, R., de Mello, G., & Ariffin, K. (2023). Perceptions on English Communication Skills Training for Hotel Front Office Employees. In M. Rahim, A. A. Ab Aziz, I. Saja @ Mearaj, N. A. Kamarudin, O. L. Chong, N. Zaini, A. Bidin, N. Mohamad Ayob, Z. Mohd Sulaiman, Y. S. Chan, & N. H. M. Saad (Eds.), Embracing Change: Emancipating the Landscape of Research in Linguistic, Language and Literature, vol 7. European Proceedings of Educational Sciences (pp. 773-782). European Publisher. https://doi.org/10.15405/epes.23097.69

Husin, M. S., Ibrahim, R., de Mello, G., & Ariffin, K. (2023). Perceptions on English communication skills training for hotel front office employees. European Proceedings of Educational Sciences.

Julianto, S. (2018). Pemaknaan Life Satisfaction Pada Anak Laki-Laki Dalam Keluarga Orangtua Tunggal (Doctoral dissertation, UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG).

Khosyiin, M. I. (2022). Evaluasi program pelatihan model kirkpatrick. CERMIN: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Berbasis Islam Nusantara, 1(2), 42-46.

Mawaddah, P. A. U. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Bandongan Terhadap Minat Membaca Kitab Kuning Santri (Studi Di Pondok Pesantren Daarul Falah Carenang-Kopo Kabupaten Serang-Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Yuta di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).

Priyono, P., & Darma, U. B. (2016). Buku manajemen sumber daya manusia. Surabaya: Penerbit Zifatama.

Purwanto, M. B., Firdaus, M. M., & Sutarno, S. (2024). Elevating Service Quality through English Training: A Case Study of Pagaralam’s Hotel and Resort Staff. Foreign Language Instruction Probe, 3(2), 77-82.

Radinal, W. (2017). Manajemen sumber daya manusia di yayasan baitul jannah bandar lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.

Safitri, I. N., Nouval, A., Rahayu, E. L., Kartikasari, P. B., Lestari, P. Y., & Handayani, T. A. (2022). Peningkatan kemampuan bahasa Inggris bidang hospitality untuk waiter dan waitress di the Shalimar Boutique Hotel Malang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 9(2), 218-225.

Williandani, M. (2024). The Role of English Language Skills of Waiters in Improving Service Quality at Compass Rose Restaurant, Hotel The Anmon Resort Bintan. Tourism Economics Hospitality and Business Management Journal, 4(2).