Pendidikan Karakter bagi Generasi Digital Native Perspektif Pemikiran Hasan Al-Banna

Main Article Content

Ina Hasanah
Syamsul Ma’rif

Abstract

Pendidikan karakter semakin relevan dalam menghadapi pesatnya kemajuan teknologi, terutama bagi generasi digital native yang tumbuh dan berkembang di tengah lingkungan yang dipenuhi oleh teknologi informasi. Artikel ini mengkaji bagaimana pendidikan dapat diterapkan dalam konteks generasi digital native dengan mengacu pada prespektif pemikiran tokoh filsafat. Pemikiran Hasan Al-Banna mengenai pembentukan karakter yang berbasis pada nilai-nilai agama dan moralitas, serta pentingnya pendidikan yang holistik, memberikan perspektif yang relevan untuk mengatasi tantangan dalam membentuk karakter generasi muda diera digital. Artikel ini mengidentifikasi prinsip-prinsip pendidikan karakter menurut Hasan Al-Banna, seperti keimanan, akhlak mulia, tanggung jawab sosial, dan kesadaran spiritual, serta menerapkannya pada konteks pendidikan diera digital. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang berlandaskan pada nilai-nilai yang kuat dapat membantu generasi digital native untuk mengelola kecanggihan teknologi dengan bijaksana dan bertanggung jawab, sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan sosial, moral, dan etika yang muncul di dunia maya. Diperlukan kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter yang seimbang antara keterampilan digital dan prinsip-prinsip mulia yang terkandung dalam pemikiran Hasan Al-Banna.

Article Details

How to Cite
Hasanah, I., & Ma’rif, S. (2025). Pendidikan Karakter bagi Generasi Digital Native Perspektif Pemikiran Hasan Al-Banna. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 3189–3197. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3109
Section
Articles
Author Biographies

Ina Hasanah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Institut Agama Islam Negeri Pontianak

Syamsul Ma’rif, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

References

Busthan, A. (2022) FILSAFAT PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar Awal.

Fadila, R. dkk (2019) PENDIDIKAN KARAKTER, Sustainability (Switzerland).

Gani, R.A. and , Abas Mansur Tamam, H.I. (2020) ‘Pendidikan Karakter Perspektif Hasan Al-Banna’, Qathrunâ, 7(2), p. 63.

Indah Febriyani, N. and Nursikin, M. (2024) ‘Konsep Pendidikan Karakter Menurut Hasan Al-Banna dan Ibnu Miskawih’, Jurnal sosial dan sains, 4(6), pp. 507–517.

Nurdin (2010) ‘PENDIDIKAN KARAKTER’, pp. 69–89.

Nasihuddin, M. (2021) ‘M. Nasihuddin, Pemikiran Pendidikan Hasan Al-Banna Online -ISSN : 2776-8236’, Al-Lubab : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 7(2021), pp. 83–93.

Supratman, L.P. (2018) ‘Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native’, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), pp. 47–60.

Umam, M.S.K. et al. (2023) ‘Inovasi Pembelajaran PAI dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Generasi Digital Native’, Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), pp. 59–67.