Etika dan Karakteristik Peserta Didik Menurut Al-Qur'an dan Al-Hadits
Main Article Content
Abstract
Pendidikan dalam Islam tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intelektual peserta didik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai etika dan karakter yang luhur. Al-Qur'an dan Al-Hadits memberikan pedoman yang jelas mengenai bagaimana seorang peserta didik seharusnya berperilaku dalam proses tuntutan ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji etika dan karakteristik peserta didik menurut perspektif Islam, dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kajian kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Islam menekankan pentingnya adab dalam menuntut ilmu, seperti sikap rendah hati, disiplin, jujur, menghormati guru, serta bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmu yang diperoleh. Selain itu, etika peserta didik dalam Islam juga mencakup sikap sabar, tekun, serta menjadikan ilmu sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, dalam konteks pendidikan modern, muncul berbagai tantangan seperti degradasi moral, kurangnya penghormatan terhadap guru, serta maraknya ketidakjujuran akademik akibat pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, pendidikan Islam harus memperkuat internalisasi nilai-nilai etika yang bersumber dari Al-Qur'an dan Al-Hadits dalam sistem pendidikan formal maupun informal. Dengan demikian, peserta didik dapat tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak yang baik serta mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amelia, S. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Era Abad 21. Proceedings Series of Educational Studies, 0(2023: Prosiding Seminar Nasional Departemen Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universita), 323–328. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/8151/2469
Aulia, K., Wardinasahira, P., Cintani, N. L., Nisrina, N. A., & Sholihatin, E. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi Internet Melalui Tiktok Akun Gosip Terhadap Etika Berbahasa. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(2), 146–155. doi: 10.36418/syntax-imperatif.v4i2.230.
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35-52.
Fahdini1, A. M., Furnamasari2, Y. F., & Dinie Anggraeni Dewi3. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa. Journal of Pedagogi, 1(1), 9390–9394. doi: 10.62872/08pbgk95
Hanifah, S., & Bakar, M. Y. A. (n.d.). Konsep Pendidikan Karakter dalam Pemikiran Ibnu Miskawaih : Implementasi pada Pendidikan Modern. 0738(4), 5989–6000.
Hasanah, R. (2023). Pendidikan Karakater Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1397–1408. doi: 10.58344/jmi.v2i7.298
Jannah, L. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 2(2), 81–109. doi: 10.46773/muaddib.v2i2.84
Nasucha, J. A., Sukiran, A. S., Rahmah, K., Sari, A. I., & Ismail, M. (2022). Pendidikan Akhlak Perspektif KH. Hasyim Asy’Ari dan Relevansi dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 16(1), 15–31.
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan etika digital melalui materi “Adab menggunakan media sosial” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73-93.
Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178.
Rismawati, R., Munawaroh, N., & Saifullah, I. (2024). Jiic : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024 Konsep Pendidikan Moral dalam Al-Qur ’ an Surat Al Baqarah Ayat 31-32 ( Perspektif Ilmu Pendidikan Islam ) The Concept of Moral Education in the Qur ’ an Surah Al Baqarah Verses 31-32 ( Perspective of Islamic Education ) JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol : 1 No : 8 , Oktober 2024. 3631–3652.
Saihu, S. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 82–95. doi: 10.36671/andragogi.v2i1.76
Setiyono, A. H., Terbuka, U., Islam, P. A., Sunan, U., & Surabaya, G. (2019). MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK DI MI SUNAN. 124–136.
Sukma Eka Wijaya, Roja Saputra, Nofita Sari, Hasep saputra, & Abdur Rahman. (2024). Konsep Belajar Dan Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Islam. Holistik Analisis Nexus, 1(6), 190–198. doi: 10.62504/nexus647 Alwi, M. B. (2021). Etika Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al Ghozali Dan Ibn Miskawaih. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17(02), 152-163.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54-71.
Siswanto, S., Ifnaldi, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-11.
Suryani, I. (2023). Ilmu Pendidikan Islam.