Mengungkap Akar Bullying: Perspektif Al Qur’an dan Hadits dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Inklusif pada Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Maghfiroh Maghfiroh
Nasrulloh Nasrulloh

Abstract

Bullying merupakan permasalahan serius yang berdampak negatif pada kesejahteraan fisik, emosional, dan sosial anak-anak, khususnya di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap akar permasalahan bullying melalui perspektif Al Qur’an dan Hadits, serta menganalisis bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan untuk membangun lingkungan belajar yang inklusif di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis literatur, mengkaji sumber-sumber primer dan sekunder yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al Qur’an dan Hadits mengandung prinsip-prinsip yang dapat menjadi landasan kuat dalam mencegah dan menangani bullying. Nilai-nilai seperti keadilan, kasih sayang, dan kesetaraan, jika diterapkan secara konsisten, dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung perkembangan holistik siswa. Implementasi nilai-nilai ini mencakup peningkatan pemahaman tentang ajaran Islam dalam proses belajar-mengajar dan peneladanan sikap Rasulullah Muhammad . Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan berlandaskan Al Qur’an dan Hadits tidak hanya efektif dalam mengatasi bullying, tetapi juga esensial dalam pembentukan karakter siswa yang berakhlak mulia dan beradab. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan

Article Details

How to Cite
Maghfiroh, M., & Nasrulloh, N. (2024). Mengungkap Akar Bullying: Perspektif Al Qur’an dan Hadits dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Inklusif pada Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1912–1920. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2775
Section
Articles
Author Biographies

Maghfiroh Maghfiroh, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

Nasrulloh Nasrulloh, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Al Qur’an Al Karim. (n.d.).

Amini, T. Y. S. J. (2008). Bullying “ Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan". PT Grasindo.

Anisah, A. N., Febriyarni, B., & Husein, M. (2024). Studi Ayat Al-Qur’an Tentang Bullying dan Solusinya. 20–79.

Astuti. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Pandangan Anti Bullying dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar Palengaan Laok. Larisa Penelitian Multidisiplin.

Aziz, A. (2021). Bullying Dalam Perspektif Al-Qur`an (Studi Penafsiran Prof. Dr. Hamka dalam Tafsir Al-Azhar Terhadap Q.S Al-Hujurat : 11 ). Journal Article, 14(1).

Hadi Sutrisno. (2002). Metodelogi Research. Andi Offset.

Harirani, Rahman, P. (2023). eran Guru Dalam Mencegah Bullying Pada Anak Usia Dini di Paud Islam Baiturrahim Kelurahan Sidorejo Curup Tengah. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Huda, M. H. Z., & Salman, A. M. bin. (2023). Bullying in Islamic Education Perspective of Bullying Dalam Pendidikan Islam Prespektif. Maharot, 7(1).

Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. Social Science Education Journal, Jurnal Sosio Didaktika, Vol. 3, No.

Nasrulloh, N. (2014). Rekonstruksi definisi Sunnah sebagai pijakan kontekstualitas pemahaman Hadits. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 14(3), 15–28. https://doi.org/10.18860/ua.v14i3.2659

Realitas, D. A. N., Di, P., & Ibtidaiyah, M. (2023). Refleksi kritis pancasila dalam idealitas dan realitas pendidikan di madrasah ibtidaiyah. 06(02), 143–157.

Rizqi, S. A., Salsabila, S., Hafiansyah, M. B., & Rosyidi, M. (2024). Strategi Islam dalam Pencegahan Bullying Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.734

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Z, Zubaidi , Miftchudin ,M, Banowati. (2024). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Melawan Bullying di Sekolah Dasar. Pemijar: Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Dan Pembelajaran.