Mengatasi Islamofobia dengan Tafsir Inklusif: Pendekatan Kontekstual pada Ayat-Ayat tentang Perdamaian

Main Article Content

Ali Al Haddad
Nasrulloh Nasrulloh

Abstract

Islamofobia adalah fenomena global yang sering dipicu oleh kesalahpahaman terhadap ajaran Islam, khususnya ayat-ayat Al-Qur'an yang dianggap mendukung kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendekatan tafsir inklusif yang menyoroti konteks historis dan sosial dalam penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an, seperti QS. Al-Baqarah: 190 dan QS. At-Taubah: 5. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif berbasis studi pustaka, data dikumpulkan dari sumber primer dan sekunder, termasuk kitab tafsir klasik dan modern. Analisis data dilakukan secara kritis untuk menekankan nilai-nilai perdamaian, keadilan, dan toleransi yang terkandung dalam Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tafsir inklusif tidak hanya mampu mengoreksi kesalahpahaman terhadap ajaran Islam, tetapi juga menjadi strategi efektif dalam menghadapi Islamofobia melalui dialog antaragama dan pendidikan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan kontekstual terhadap ayat-ayat Al-Qur'an sangat penting untuk menghilangkan stereotip negatif dan mempromosikan harmoni global.

Article Details

How to Cite
Al Haddad, A., & Nasrulloh, N. (2024). Mengatasi Islamofobia dengan Tafsir Inklusif: Pendekatan Kontekstual pada Ayat-Ayat tentang Perdamaian. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1750–1759. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2752
Section
Articles
Author Biographies

Ali Al Haddad, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

Nasrulloh Nasrulloh, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

References

Al-Khatib, M. (2023). The Concept of Justice in Islam: A Socio-pragmatic Analysis. Journal of Ethnic and Cultural Studies. https://doi.org/10.29333/ejecs/1749

Badruzaman, A., & Febriani, N. A. (2023). De-Islamophobia Melalui Pilar Moderasi Beragama Perspektif Al-Qur’an De-Islamophobia Through the Pillars of Religious Moderation In the Qur’an Perspective. Jurnal Bimas Islam, 16(2).

Bantani, M. N. Al. (1996). مراح لبيد لكشف معنى القرآن المجيد. Dar al Kutub al Ilmiah.

damayanti, angel, rebertua, verdinand, & mulyaman, darynaufal. (2022). Islamofobia di Indo Pasifik. UKI press.

Haluti, R., & Nusi, A. (2024). Konsep Moderasi Beragama Dalam Diskursus Tafsir Inklusif. Philosophy and Local Wisdom Journal (Pillow), 2(2), 96–111. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/philosophy/article/view/1799

Hoesein, Z. A., & Ridwan, M. (2018). HAM Dalam Piagam Madinah (Rahman Yasin, Ed.; 1st ed.). Lembaga Pengembangan Pendidikan Anak Bangsa.

Ibnu Katsir. (1998). Tafsir Al Quran Al Adhim (1st ed.). Dar al kutub al ilmiah, Beirut, Lebanon.

Khan, G. A. (2024). Exploring the Foundations of Peace: An Analytical Study of the Concept of Peace in Islam with Emphasis on the Qurʼān and the Sīrah of Prophet Muhammad (SAW). MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 2(4), 383–391. https://doi.org/doi.org/10.58355/maqolat.v2i4.118

Moordiningsih. (2004). Islamophobia dan Strategi Mengatasinya. Buletin Psikologi, 2, 73–84.

Mu’min, M. (2014). Metode Tafsir Inklusif: Upaya Membedah Eksklusivitas Interpretasi Al-Qur’an. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:152147019

Nasrulloh, N., & Muhammad, M. (2022). Studi Analitik Hermeneutika Fazlur Rahman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 800–807. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.487

Nur, A. Z. (2018). Pengamalan Ajaran Agama Islam Dalam Kehidupan Bermasyarakat (Practice of Islamic Religion Teaching in Community Life). JURNAL AL-MAU’IZHAH, 1(1), 1–11.

Rahman, S. (2021). Fenomena Islamofobia Di Media Sosial: Tantangan Dan Peluang Dakwah Di Masa Mendatang. 12, 192–201. https://doi.org/doi.org/10.15548/amj-kpi.v12i02.3361

Shawi, M. S. A. Al. (2020). النفحات المكية في تفسير كتاب رب البرية (2nd ed.). Maktabah al Malik Fahd.

Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Misbah. Penerbir lentera hati.

Uenal, F., Bergh, R., Sidanius, J., Zick, A., Kimel, S., & Kunst, J. (2020). The Nature of Islamophobia: A Test of a Tripartite View in Five Countries. Personality & Social Psychology Bulletin, 47, 275–292. https://doi.org/10.1177/0146167220922643

ulummudin. (n.d.). Tafsir Atas “Ayat Pedang” Q.S. Al-Taubah (9): 5: Studi Komparatif Penafsiran Sayyid Qutub Dan Rasyid Ridha. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 229–246. https://doi.org/10.30868/at.v7i02.2748

Umam, K. S., Nasrullah, Khoiron, F., Idrisa, Z., & Salim, A. (2024). Telaah Makna Qurrata A’yun dalam Al-Qur’an sebagai Cerminan dari Keluarga Sakinah. Office: Faculty of Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 13(1), 109–126. https://doi.org/10.15408/quhas.v13i1.39077

yusron, M. A. (2024). Deislamofobia Melalui Pendekatan Psikologi Agama Perspektif Al-Qur’an [Pascasarjana PTIQ Jakarta]. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1492/

Zuhaili, W. Al. (1991). التفسير المنير في العقيدة والشريعة والمنهج. dar el fikr.