Analisis Semiotik Terhadap Iklan Youtube Aqua Pilihan Timnas Indonesia dengan Pendekatan Van Leeuwen
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana elemen-elemen multimodal diterapkan dalam iklan Aqua 100% Murni Edisi Spesial Timnas Indonesia yang dipublikasikan di media sosial resmi Aqua Indonesia. Iklan ini menarik perhatian karena menggabungkan elemen visual dan simbolik yang erat kaitannya dengan identitas nasional Indonesia, sekaligus menghadirkan Timnas Indonesia sebagai bagian dari strategi pemasaran. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis multimodal. Penelitian ini fokus untuk mengungkap makna representasional, interpersonal, dan komposisional dalam elemen-elemen seperti gambar, warna, simbol, dan teks yang ada di iklan. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi dengan objek berupa gambar iklan dari akun media sosial Aqua. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana elemen-elemen visual dalam iklan digunakan untuk menyampaikan pesan secara efektif dan mampu memengaruhi audiens, sekaligus menjelaskan keterhubungan antara elemen-elemen tersebut dalam menciptakan komunikasi yang kuat dan konsisten.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Sobur, A. (2009). Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Rosda Karya.
Meindrasari, Dwi Koni. (2019). Makna Batik Sidomukti Ditinjau dari Semiotika Sosial Theo Van Leeuwen. Jurnal Wacana. Vol. 18 (No. 1). Hal. 57-67.
Rosa, R. N. (2014). Analisis multimodal pada iklan Sunsilk Nutrien Sampo Ginseng. Kajian Linguistik, 12(2), 136-148.
Arianti, Riska Trisna. Purnama, Hadi. (2019). Komodifikasi Kata Halal pada Iklan Hijab Zoya (Analisis Semiotika Sosial van Leeuwen). Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 2 (No. 2).
Machin, D. (2007). Introduction to Multimodal Analysis. London: Hodder Arnold.
Leeuwen, T, V. (2005). Introducing Sosial Semiotics. NY: Routhledge.
Fajri, Taufiq Akbar Al. (2020). “Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal dalam Pembelajaran”. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter 2 (1): 1–17.
Kress, G., & Theo. V. L. (2006). Reading Images. Routledge: London & New.
Liani, April., Wienanda, Kartika. (2019). Analisis Semiotik Terhadap Iklan Youtube Mie Sedaap Korean Spicy Chiken. Jurnal Gama Societa, 3 (2).
Meriantini, Ni Luh. 2023. “Multimodal Analysis of Mie Sedaap Advertising.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha 11 (1): 91–96. Prasetiyo, Anggik Budi. 2022. “Gambaran Maskulinitas Dalam Iklan Kopi Caffino Di Instagram.” Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi 11 (1): 50–62.
Putri, Yuli. (2023). Analisis Multimodal pada Iklan Scarlett Versi Song Joong
Ki di Instagram. Mahakarya: Student's Journal of Cultural Sciences.
Putri, Santika Vania. 2022. “Representasi Makna Maskulinitas Iklan MSGlow For Men: Analisis Multimodal Kress dan Van Leeuwen.” Avant Garde 10 (2): 177-189.
Sari, Yunita. (2017) . “Multimodalitas Dalam Gambar Iklan Luwak White Koffie Versi Lee Min-Ho.” Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa 15 (2): 235.
Suprakisno. 2015. “Analisis Multimodal Iklan ‘Indomie.’” Bahasa Dan Seni 26 (1): 25–33.
Yunus, Rusyda Nazhirah. 2020. “Analisis Multimodal Pada Iklan Layanan Masyarakat.” Jurnal Manajemen Tools 12 (2): 83-89.
Zainuddin. 2017. “Analisis Multimodal dalam Teks Iklan Dalam Perspektif Semiotik.” BAHAS 28 (1): 1-10
Preminger A. (2001). Semiotik (Semiologi). Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.
Kress, G., & Van Leeuwen, T. (1996). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.
Barthes, R. (1977). Image, Music, Text. New York: Hill and Wang.
Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2021). Reading Images: The Grammar of Visual Design (3rd ed.). London: Routledge.
Van Leeuwen, T. (2005). Introducing Social Semiotics. London: Routledge.
Jewitt, C., & Oyama, R. (2001). Visual Meaning. in T.
Van Leeuwen & C. Jewitt (Eds.), Handbook of Visual
Analysis (pp. 134-156). London: SAGE Publications.