Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Metode Learning Starts With A Question Berbantuan Video

Main Article Content

Junifer Saputra
Martin Kustati
Rezki Amelia
Gusmirawati Gusmirawati

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari masih rendahnya minat peserta didik dalam bertanya dan berpendapat. Salah satu metode yang mengasah keaktifan belajar peserta didik adalah metode Learning Start With A Question. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keaktifan belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode Learning Start With A Question dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik pada kelas eksperimen berada pada taraf tinggi, sedangkan pada kelas kontrol berada pada taraf rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak serta T hitung > T tabel yaitu 12,055 > 1,684 artinya Ha yang menyatakan ada pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Article Details

How to Cite
Saputra, J., Kustati, M., Amelia, R. ., & Gusmirawati, G. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Metode Learning Starts With A Question Berbantuan Video. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(1b), 1611–1620. https://doi.org/10.32672/mister.v2i1b.2715
Section
Articles
Author Biographies

Junifer Saputra, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

Martin Kustati, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

Rezki Amelia, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

Gusmirawati Gusmirawati, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia

References

Ariesta, O., Yunita, A., & Yusri, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaraan Aktif Tipe Starts With A Question (Lsq) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 25 Padang. Lemma: Letters of Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22202/jl.2019.v5i2.3281

Auliyah, K. (2022). Inovasi Metode Pendidikan Agama Islam Melalui Active Learning. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 7(1), 29–36.

Badriah, L., & Ramdani, D. (2018). Model Learning Start With a Question (Lsq) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi. Bio Educatio, 3(2), 279485.

Berutu, A. G. (2019). Tafsir Al-Misbah Muhammad Quraish Shihab.

Fauzia, N., & Kelana, J. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Media Majalah Online Menggunakan Model Kooperatif Learning Start With A Question Dikelas V SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 174–181. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4323

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Nopi, N., & Nurbudiyani, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Pada Perserta Didik. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 20–24. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/neraca.v3i1.932

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Rahayu, S., SD, S. P., & Vidya, A. (2022). Desain pembelajaran aktif (active learning). Ananta Vidya.

Rahmadani, M., Sulfasyah, S., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 431–443. https://doi.org/https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Rakasiwi, A. (2021). ..(Lengkapi Stempel Pada Lembar Persetujuan, Upload Ulang).. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Start With A Question Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Selama Daring Di Bimbel Jenius Ponorogo. Iain Ponorogo.

Rohayat, A. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) dengan Question Student Have (QSH) pada Konsep Ekosistem. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 12–22.

Sapitri, A., & Maryati, M. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 252–266.

Sulistyo, L., & Junaedi, I. (2020). Pembelajaran LSQ (learning stars with a question) era pandemi covid-19 dengan media whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 416–422.

Suparsawan, I. K., & SD, S. P. (2020). Kolaborasi pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STAD geliatkan peserta didik. Tata Akbar.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.

Wulansari, I. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xa Smk Nurul Hadi Batu Karang Tengah Demak Tahun Ajaran 2013-2014. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 6(1).

Zaman, B. (2020). Penerapan active learning dalam pembelajaran PAI. Jurnal As-Salam, 4(1), 13–27.