Pendekatan Inovatif dalam Pengembangan Kurikulum TK dan PAUD di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peranan penting dalam perkembangan karakter dan keterampilan anak. Di era digital, kebutuhan akan kurikulum yang inovatif dan adaptif semakin mendesak. Artikel ini mengusulkan pendekatan inovatif dalam pengembangan kurikulum TK dan PAUD yang mengintegrasikan teknologi secara strategis. Pendekatan ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengidentifikasi konsep serta praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan teknologi interaktif dapat memperkaya pengalaman belajar, meningkatkan keterampilan kognitif, dan mendukung pembelajaran sosial-emosional. Selain itu, artikel ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan kebijakan pendidikan untuk mencapai keberhasilan implementasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan lokal. Dengan pendekatan yang tepat, teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung perkembangan anak, mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adillah, R., Arfika, N., Purba, F. P. Y., & Yus, A. (2023). Analisis Media Belajar Digital di Generasi Alpha Era Society 5.0 Mendukung Kurikulum Merdeka. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 84–88.
Amini, S., Hasibuan, R., & Bachri, B. S. (2024). Collaborative Learning melalui Jump Rope Game pada Kemampuan Motorik Sosial Emosional Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 488–495.
Arifandi, A., & Billah, M. E. M. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja, 8(1), 1–18.
Cahaya, C. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar di Era Digital. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 3(2), 1–20.
Dewi, S., & Khumaidi, A. (2017). Pengenalan Perangkat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (Tk) Harapan Kita Kec. Pugung Menggunakan Aplikasi Multimedia Macromedia Flash. PROCIDING KMSI, 5(1). http://jurnal.stmikpringsewu.ac.id/index.php/kmsi/article/view/476
Dini, J. P. A. U. (2022). Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5592–5604.
Fauziah, R. S. P., & Rusli, R. K. (2013). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik secara sosial. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=843571&val=13618&title=PERTUMBUHAN%20DAN%20PERKEMBANGAN%20PESERTA%20DIDIK%20SECARA%20SOSIAL
Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Latif, M. A., Amir, R., Marzuki, K., Gaffar, F., & Nurhayati, S. (2023). Kolaborasi Strategis Lembaga PAUD dan Orang Tua di Era Digital melalui Program Parenting. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3169–3180.
M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan teori belajar dengan teknologi pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486.
Mustahidin, A. A., Lesiani, L., & Kangiden, F. A. (2024). Pengaruh Aplikasi Edukatif Islami di Era Digital terhadap Pengetahuan Agama Anak Usia Dini: Studi di TK Islam Terpadu, Kota Serang, Banten. AS-SABIQUN, 6(5), 883–895.
Ni’mah, R. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 16–27.
Pujayanti, F. H., Sumiharsono, R., & Triwahyuni, E. (2023). Pengaruh Metode Game Based Learning Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kemampuan Sosial Emosional Anak TK (The Effect of Game Based Learning Methods on Gross Motor Abilities and Social Emotional Abilities of Kindergarten Children). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1435–1444.
Rakhmat, G. A., Rosmala, D., Fathurohman, A., Prastyo, B., Fathi, D. R., Rahardito, H. A., & Rafid, R. A. (2024). Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 10(1), 1–8.
Sepúlveda, A. (2020). The Digital Transformation of Education: Connecting Schools, Empowering Learners. TIC EDUCAÇÃO, 249. https://nic.br/media/docs/publicacoes/2/20211124200326/tic_educacao_2020_livro_eletronico.pdf#page=249
Stephen, C., & Edwards, S. (2017). Young Children Playing and Learning in a Digital Age: A Cultural and Critical Perspective (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315623092
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R Dan D (2nd ed.). Alfabeta.
Zabatiero, J., Straker, L., Mantilla, A., Edwards, S., & Danby, S. (2018). Young Children and Digital Technology: Australian Early Childhood Education and Care Sector Adults’ Perspectives. Australasian Journal of Early Childhood, 43(2), 14–22. https://doi.org/10.23965/AJEC.43.2.02