Perencanaan Perkerasan Kaku pada Ruas Jalan Simpang 3 Pengabuan – Pengabuan Timur dengan Metode MDP Tahun 2024
Main Article Content
Abstract
Roads are one of the factors to strengthen the economic facilities and infrastructure of the people based on resources and help the region in the openness of isolated villages and sub-districts in Penukal Abab Lematang Ilir Regency (PALI), the Simpang 3 Pengabuan - Pengabuan Timur Road Section is one of the road sections that connects the provincial road Lembak - Modong Road Section and is a priority area for plantations. This section is one of the priority roads in the region, so planning is needed on the Simpang 3 Pengabuan - Pengabuan Timur road section using the 2024 Pavement Design Manual. The planned age of the Simpang 3 Pengabuan - Pengabuan Timur road section is 20 years with a CBR value of 7.54% JSKN plan of 80369.36466 units with a road length of 2.524 km. The results obtained were the design of concrete with a low traffic category with a concrete slab thickness of 200 mm, a thin concrete thickness of 100 mm, an aggregate foundation layer with a thickness of 150 mm and having a Tie Bar with a transverse joint distance of 4 m.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfan Saifudin, Moh (2021). Perencanaan Perkerasan Kaku pada Ruas Jalan rayaMadiun – Jalan Wilis Kota Nganjuk Dengan Metode Bina Marga 2016.
Azis1R, Asrul. 2014. Pengantar Sistem dan Perencanaana Transportasi Yogyakarta (ID) : Deepublish
Badana Standardisasia Nasional (BSN)1. 2003. Pedomana Perencanaan Perkerasan Jalan Betoni Semen. SNIiPd T-14-2003. Jakarta (ID): BSN.
Caddha S., Chauhan A. S., Chawl 2B. 2017. Study on the Rigid Pavement construction, Joint and Crack Formation. International Journal of Moderna Trends in Engineering and Research. 4(1): 138–143.
Farid A. 2013. Analisis Perbedaan Biaya Konstruksi Jalan Beton dan Jalan Aspal dengan Metode Bina Marga dan AASHTO 1993 Selama Umur Rencana 20 Tahun (Studi Kasus pada Proyek Jalan Tol Mojokerto Kertosono) Sta.20+ 0002- Sta15+000. Jurnal Extrapolasi. (01): 75-90.
Hardianto, Ryan (2015) Perencanaana Frontage Sisi Barat Jalan A.Yani Surabaya Pada STA 0+000 – STA 3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku.
Keputusan Wali Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) No:........tentang Penetapan Status Ruas-ruas Jalan sebagai Jalan Kabupaten/Kota;
Keputusan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Nomor : 320/KPTS/BPKAD/2023 tanggal 15 September 2023, tentang Penetapan Pengguna Anggaran, Kuasa Pengguna Anggaran, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan dan Pengurus Barang Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun Anggaran 2023.
Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 03/M/BM/2014 tanggal 5 Mei 2024;
MDP-2017, (2017) Manual Perkerasan Jalan Nomor 204/SE/D /2017, Kementerian Pekerjaana Umum Dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga
Pd T-05-2005-B tentang Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metode Lendutan;
Pd T-14-2003 tentang Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen;
Pedoman Interim Nomor 002/P/BM/2011 tentang Desain Perkerasan Jalan Lentur;
Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 19/PRT/M/2011 tanggal 23 Desember 2011 tentang Persyaratan Teknis Jalan dan Kriteria Perencanaan Teknis Jalan;
Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Nomor 02 tahun 2015 tentang Standar Dokumen Pengadaan Secara Elektronik;
Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 2006 tentang Jalan;
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 63);
Pramudita Dian Anggia. (2016) Perencanaana Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Rencana Anggaran Biaya Pada Ruas Jalana Soekarno Hatta Balikpapan, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil di Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.
Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota Nomor 038/TBM/1997 tanggal September 1997 dan RSNI T-14-2004 tentang Standar Geometrik Jalan Perkotaan;
Undang-undang No. 38 tahun 2004 tentang Jalan;