Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Miftahur Rizqiyah S. Pane
Erli Marlina Siregar
Khotna Sofiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuuan untuk menguraikan secara menyeluruh terkait pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar berdasarkan berbagai informasi seperti: buku, jurnal, artikel, karya-karya ilmiah lainnya. Empat jurnal dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Dasar. Model ini memungkinkan siswa untuk belajar melalui pemecahan masalah nyata, yang membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir dan memecahkan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan analisis data primer dan sekunder yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar matematika setelah menggunakan model tersebut, tanpa dipengaruhi oleh perbedaan materi yang diteliti. Pembelajaran berbasis masalah di Sekolah Dasar memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Rizqiyah S. Pane, M., Marlina Siregar, E., & Sofiyah, K. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1713–1719. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.2078
Section
Articles
Author Biographies

Miftahur Rizqiyah S. Pane, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Erli Marlina Siregar, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Khotna Sofiyah, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

References

Asriningtyas, Anastasia Nandhita, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belaajr Matematika Siswa Kelas 4 SD” 5, no. April (2018).

Fauzia, Hadist Awalia. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd” 7, no. April (2018): 40–47.

Khaesarani, Inayah Rizki, and Eka Khairani Hasibuan. “Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya 15, no. 3 (2021): 42. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/38716.

Mardiana, Siti Raihan, and Rosdiana Makka. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv Uptd Spf Sdn 41 Tonrong Pejja” 1 (2023): 182–94.

Putra, Randi Eka. “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) 2, no. 1 (2021): 40–51. doi:10.52060/pti.v2i01.523.

Rabiah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas V SD Negeri 008 Banjar Nan Tigo Kecamatan Inuman” 1 (2018): 53–59.

Rizkayati, Anisa, Eka Rosmitha Sari, L M Septiyanto Armin, and Muhammadiyah Buton. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Wangkanapi” 7 (2023): 16402–8.

Sofiyah, Khotna. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Disposisi Matematis Siswa Mis Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan.” Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh 3, no. 1 (2023): 10. doi:10.29103/jpmm.v3i1.11019.