Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Tutor Sebaya dalam Penguasaan Bangun Ruang Kelas VI SD

Main Article Content

Sarah Andah
Meliana Harahap
Khotna Sofiyah

Abstract

Sebenarnya, guru telah melakukan banyak upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, tetapi upaya ini belum mencapai hasil yang diinginkan. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, rentang nilai antar siswa harus cukup dekat satu sama lain. Dengan kata lain, siswa yang berprestasi dapat mentransfer kemampuan mereka kepada siswa dengan kemampuan yang lebih rendah. Ini adalah pembelajaran dengan tutor sebaya. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan strategi tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dalam materi bangun ruang kelas VI SD. Adapun metode yang digunakan penulis dalam enelitian ini adalah metode studi literatur. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas VI. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan strategi tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dalam materi bangun ruang kelas VI SD dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI sebanyak 60 % sehingga dapat dikatakan bahwa strategi tutorsebaya memiliki efektifitas yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dalam materi bangun ruang kelas VI SD.

Article Details

How to Cite
Andah, S., Harahap, M., & Sofiyah, K. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Strategi Tutor Sebaya dalam Penguasaan Bangun Ruang Kelas VI SD. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1626–1631. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.2056
Section
Articles
Author Biographies

Sarah Andah, Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

Meliana Harahap, Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

Khotna Sofiyah, Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri syekh Ali Hasan Ahmad Addari Padang Sidimpuan

References

Adi Nugroho, D. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Kelompok Tutor Sebaya (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Ahdiyat, M. (2015). Metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pengolahan data. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Ahdiyat, M. (2015). Metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pengolahan data. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran sosiologi. Komunitas, 3(1).

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang kubus dan balok ditinjau dari motivasi belajar. Edupedia, 4(2), 172-180.

Karo, S. W. S. F. I. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap perilaku menyimpang siswa kelas X SMK Swasta Satria Binjai tahun pelajaran 2017/2018. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(1), 63-72.

Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).

Pratama, A. R. ., Putri, N. ., Oktaviany, K. ., Yusri, F. ., & Yarni, L. . (2023). Pentingnya Guru Memahami Kondisi Psikologi Siswa (Studi Kasus :SD Tahfiz Rahmatul Aisyi 2 Alahan Panjang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 372–

Prayitno, M. A. (2021). Gerakan Siswa Mengajar (GSM) Implementasi Metode Tutor Sebaya di SMPN 1 Mejayan Kabupaten Madiun. Al-Riwayah: jurnal kependidikan, 13(2), 339-360.

Utomo, P., & Pahlevi, R. (2022). Peran Teman Sebaya sebagai Moderator Pembentukan Karakter Anak: Systematic Literature Review. INSPIRATIF: Journal of Educational Psychology, 1(1), 1-8.

Wahyuningsih, S. (2012). Penggunaan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Toto Projo Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, STAIN Jurai Siwo).