Penerapan Metode Jarimatika dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Berhitung Kelas II Sekolah Dasar

Main Article Content

Robiatul Adawiyah Hasibuan
Mimi Jamilah
Khotna Sofiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep metode jarimatika diterapkan dalam model pembelajaran berbasis masalah untuk materi berhitung di kelas II Sekolah Dasar. Metode jarimatika adalah suatu cara menghitung matematika dengan menggunakan alat bantu jari. Pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL) ialah model pembelajaran yang berfokus pada penyejian suatu permasalahan (nyata-stimulus) terhadap siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif, pembahasan akan mencakup teori dan prinsip dasar kedua pendekatan tersebut, langkah-langkah implementasi dalam konteks pembelajaran di kelas, serta evaluasi efektivitas penerapannya. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan literatur terkait, serta sumber dokumen dari berbagai referensi.Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan literatur terkait, serta sumber dokumen dari berbagai referensi. Data yang terkumpul disusun secara sistematis dengan penggunaan metode analisis interpretatif, yang melibatkan pengklasifikasian dan pendefinisian teori yang relevan dan diperoleh dari berbagai referensi. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Metode Jarimatika, yang menggunakan jari sebagai alat bantu hitung efektif dalam membantu siswa kelas II memahami dan menguasai konsep dasar matematika. Dalam pembelajaran berbasis masalah, metode ini tidak hanya memfasilitasi pemahaman yang konkret dan intuitif tentang angka dan operasi aritmatika, tetapi juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Secara keseluruhan, kombinasi metode Jarimatika dan pembelajaran berbasis masalah tidak hanya meningkatkan kemampuan berhitung siswa tetapi juga memotivasi mereka untuk belajar lebih giat dan membangun sikap positif terhadap matematika.

Article Details

How to Cite
Adawiyah Hasibuan, R., Jamilah, M., & Sofiyah, K. (2024). Penerapan Metode Jarimatika dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Berhitung Kelas II Sekolah Dasar . Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1579–1587. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.2023
Section
Articles
Author Biographies

Robiatul Adawiyah Hasibuan, Universitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary

 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary, Padangsidimpuan, Sumatra Utara, Indonesia

Mimi Jamilah, niversitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary, Padangsidimpuan, Sumatra Utara, Indonesia

Khotna Sofiyah, Universitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary

Tadris Matematika, Universitas Islam Negri Syeikh Ali Hasan Ahmad Addary, Padangsidimpuan, Sumatra Utara, Indonesia

References

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, (Yogyakarta: ArRuzz Media, 2014).

Khotna Sofiyah, (2023), “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Disposisi Matematis Siswa Mis Hajijah Amalia Sari Padangsidimpuan”, Jurnal Pendidikan Matematika Malikulsaleh, Volume 3, No 1, 2023.

Khotna Sofiyah, dkk., (2018), “The Influence of Realistic Mathematics Education (RME) Approach Based on Mandailing Culture on Student Self-Regulated Learning in Class V of Islamic Elementary School Sihadabuan Padang sidimpuan”, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 200.

Leny Marinda, (2020), Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Kajian Perempuan dan keislaman, 2020, Vol. 13, No.1.

Marliyani, (2020), Skripsi Meta- Analisis Pengaruh Metode Jarimatika Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Di MI/SD, (Jakarta: 2020).

Sitiatava Rizema Putra, Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, (Jogakarta : DIVA Press, 2013).

Vivi Fitria Dewi, dkk, (2020), Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, Vol. 2 No. 2.