Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran inovatif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman membaca matematis. Keterampilan membaca matematika mempelajari beberapa aspek secara tidak langsung, seperti mengenali aspek matematika ketika membaca matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran Discovery terhadap keterampilan matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah nonequivalent posttest-only control group design yang merupakan salah satu desain penelitian quasi eksperimen. Hasil akhir hipotesis data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji t menunjukkan thitung 3,16 > ttabel 2,04. Artinya kemampuan matematis lebih baik pada model pembelajaran Discovery dibandingkan dengan model yang berpusat pada guru.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Azhari. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPA1 Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri Unggul Sigli. Jurnal Biologi Edukasi 7(1): 13–20. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.
Fathani, Abdul Halim. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains 4(2): 136–50.
Hasnawati. (2016). Description Of Mathematics Literacy Ability of Students First Secondary School State 15 Kendari Based On Content, Context, Materials and Process. International Journal of Education and Research 4(4): 185–96.
Hosnan, M. (2013).Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Ghalia Indonesia
Karso, dkk. (2009). Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbukang
Karyono, Hari. (2018). Revitalisasi Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sekolah Dasar 2(1): 10–18.
Kusumadewi, Rida Fironika. (2017). Menumbuhkan Kreativitas Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Praktik Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Ular Tangga. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 188-194 1(2): 188–94.
Lestari dan Yudhanegara.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
Mudiono, Alif. (2015). Pembelajaran Literasi Fokus Menulis Narasi Dengan Teknik Probing - Prompting Di SD. Sekolah Dasar 23(1): 31–40. http://journal.um.ac.id/index.php/jurnalsekolah- dasar/article/view/6763.
Pulungan, Delyanti Azzumario. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA. Journal of Educational Research and Evaluation 3(2): 2–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere%0APENGEMBANGAN.
Setiawati, I. K., A. Rusilowati, and Khumaedi.(2013). Pembuatan Buku Cerita IPA yang Mengintegrasikan Materi Kebencanaan Alam untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2): 129–35.
Wahyuningtyas, Dyah Tri, Nury Yuniasih, and Edy Bambang Irawan. (2017). Desain Modul Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar 2: 30–38.
Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika