Tantangan Guru dalam Memilih Model-Model Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran tematik adalah penggunaan tema dalam beberapa materi pembelajaran, seperti Tema “Kebersihan Lingkunganku” akan dikaitkan pada beberapa materi pelajaran Ipa, Matematika, Seni Budaya dan Keterampilan, Olaraga dan lainnya yang materinya dipelajari di SD. dengan adanya pengaitan tersebut menyebabkan guru kesusahan dalam memilih model-model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran tematik, apalagi dengan banyaknya model pembelajaran yang ada sekarang, sehingga membuat tantangan-tantangan guru dalam memilih model pembelajaran pada pembelajaran tematik semakin luas, dan banyak. Yang dapat menyebabkan menurunnya keefektifan dan keefesienan dalam proses pembelajaran yang berdampak pada tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh berbagai pihak terkait. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada tantangan yang dihadapi guru agar dapat menemukan solusi dari permasalahan dalam memilih model-model pembelajaran, sehingga dapat memudahkan tenaga pendidik, khususunya guru SD dalam menghadapi permasalahan tersebut.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Asyafah, Abas, ‘MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam)’, TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6.1 (2019), 19–32 <https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569>
Camacho-Sánchez, Rubén, Ana Manzano-León, José Miguel Rodríguez-Ferrer, Jorge Serna, and Pere Lavega-Burgués, ‘Game-Based Learning and Gamification in Physical Education: A Systematic Review’, Education Sciences, 13.2 (2023) <https://doi.org/10.3390/educsci13020183>
Fifi Nurfajariyah, Anisah, and Erna Risfaula Kusumawati, ‘Implementasi Dan Tantangan Pembelajaran Tematik Terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics)’, Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 8.1 (2023), 49–63
Hamidah, Nashran Azizan Maulana Arafat Lubis, Model-Model Pembelajaran PPKN Di SD/MI, ed. by ALVIAN C (DI Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2022)
Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal, ‘Analisis Model-Model Pembelajaran’, Fondatia, 4.1 (2020), 1–27 <https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441>
Mansyur, ‘KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN PENGUASAAN KOMPETENSI GURU (Suatu Proses Pembelajaran Micro)’, El-Ghiroh, 12.01 (2017), 130–47
Muliati, M, N Nuraeni, and N Nirfayanti, ‘SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Yogyakarta, 11 November 2023 Pendekatan Saintifik Mempermudah Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pendekatan Saintifik Mempermudah Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika’, November, 2023, 383–89
Muthoharoh, Rifa, Bevo Wahono, Rosida Marasabessy, Mahasiswa Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan universitas Terbuka, Tutor Pemantapan Kemampuan Profesional Program studi PGSD, and others, ‘Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA’, Asian Journal Collaboration of Social Environment and Education AJCSEE, 1.2 (2023), 59–65 <https://journal-iasssf.com/index.php/AJCSEE>
Nurul Mahruzah Yulia, and Suttrisno, ‘Keterampilan Bertanya Dengan Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review)’, Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2.2 (2022), 258–65 <https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.514>
Talita Sembiring, Gadis Prasiska, Kania Nova Ramadhani, Putri Widia Ningsih, Ruth Yessika Siahaan, Salwa Andini, and others, ‘Tantangan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran PPKN Pada Kurikulum Merdeka’, SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.3 (2023), 01–06 <https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i3.2916>
Wahyuni, Hermin Tri, Punaji Setyosari, and Dedi Kuswandi, ‘Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD’, Jurnal Elektronik Universitas Negeri Malang, 1 (2020), 129–36