Metode Bernyanyi pada Matematika SD Kelas 3

Main Article Content

Wapiq Aziza Rambe
Fadhilah Hayati Harahap
Khotna Sofiyah

Abstract

Anak-anak kurang berminat pada pembelajaran Matematika, sehingga kebanyakan Anak- anak menganggap matematika merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami dan tidak menarik. Matematika dianggap membosankan karena pemberian materi yang monoton dan pemberian soal-soal setelah pembelajaran. Maka dari itu diperlukan inovasi agar Anak-anak tertarik dan pembelajaran matematika menjadi menyenangkan, salah satunya dengan menggunakan metode bernyanyi. Penulis mengambil sample pada SD Kelas 3. Artikel ini bertujuan untuk membantu guru dalam menginovasi pembelajaran matematika agar Anak- anak lebih tertarik dalam mempelajari matematika. Artikel ini disusun dengan menggunakan design Tinjauan Pustaka. Melalui metode bernyanyi pembelajaran lebih menyenangkan dan memudahkan Anak-anak untukmengingatnya sehingga Anak-anak bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Article Details

How to Cite
Aziza Rambe, W., Hayati Harahap, F., & Sofiyah, K. (2024). Metode Bernyanyi pada Matematika SD Kelas 3. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1450–1453. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3c.1931
Section
Articles
Author Biographies

Wapiq Aziza Rambe, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Fadhilah Hayati Harahap, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

Khotna Sofiyah, Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

References

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (1992). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaif.

Fauziddin. (2014). Pembelajaran PAUD Bermain Cerita Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Khotna Sofiyah, Dinda Damarasri, Sartika Handayani. (2024). “Matematika Praktis: Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari Anak SD.” Alahyan Publisher Sukabumi 2, no. 1 : 36–42. https://doi.org/10.61492/calakan.v2i1.125.

Sujimat, D. Agus. (2000). Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). Sidoarjo: MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo.

Suparno. (2000). Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UNESA. (2000). Pedoman Penulisan Artikel Jurnal. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.