Strategi Daya Saing Produk UMKM PT. Sinergi Galeri Mitra Bontang
Main Article Content
Abstract
UMKM mempunyai peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi daya saing produk UMKM PT. Sinergi Galeri Mitra Bontang dengan menggunakan pendekatan data kuantitatif khususnya data penjualan produk. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan mengaplikasikan data penjualan periode tertentu. Data ini dianalisis untuk mengidentifikasi trend penjualan, faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi penjualan, dan segmen pasar yang paling potensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang berbasis pada kualitas produk, harga yang kompetitif dan distribusi yang efektif menjadi kunci utama dalam meningkatkan daya saing produk PT. Sinergi Galeri Mitra Bontang. Selain itu, penerapan teknologi digital dalam pemasaran juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam bagi PT. Sinergi Galeri Mitra Bontang dalam merumuskan strategi yang efektif untuk meningkatkan daya saing produknya. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan strategi UMKM di Indonesia khususnya kota Bontang. Dengan cara ini, PT. Sinergi Galeri Mitra dapat lebih siap menghadapi persaingan dan berkontribusi lebih optimal terhadap perekonomian lokal dan nasional dan juga diharapkan dapat memberikan wawasan bagi UMKM lainnya dalam merumuskan strategi yang mampu meningkatkan daya saing produk di pasar yang semakin kompetitif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Junianti, Emmy, and John EHJ FoEh. 2022. “Optimalisasi Produktivitas Dan Penjualan Mengunakan Metode Integer Programming.” Jurnal Kajian Ilmiah 22 (3): 231–42. https://doi.org/10.31599/jki.v22i3.1233.
Madelan, Sugiyono. 2020. “Optimalisasi Ekspor Produk Ekonomi Kreatif Indonesia Menuju Peningkatan Dayasaing.” Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal 2 (3): 273–84. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i3.6658.
Mawardi, Alfiandi Imam, Endang Sholihatin, Invony Dwi Aprilisanda, Universitas Pembangunan, Nasional " Veteran, and Jawa Timur. 2021. “Inovasi Pemasaran Produk Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA 4 (1): 418–32. http:jim.unsyiah.ac.id/ekm.
Ramadhanto, Muhammad Farhan, Muhammad Akbar, and Redjeki Agoestyowati. 2022. “Strategi Diversifikasi Produk Sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Studi Pada CV. Harjaya Enam Makmur.” Jurnal Administrasi Bisnis 2 (5): 654–60.
Saefullah, Aef, and Anggi Pasca Arnu. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Ayam Dan Ikan Bareng (Bakar Goreng).” Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 13 (1): 1. https://doi.org/10.33087/eksis.v13i1.283.
Sahir, Syafrida Hafni. 2022. Metodelogi Penelitian. Edited by M.Si Dr. Ir. Try Koryati. Banguntapan, Bantul-Jogjakarta.
Samsudin, Muhammad, and Minto Waluyo. 2021. “Analisis Strategi Promosi Produk Kopi Tarik Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Divisi Promosi Dengan Metode Swot Dan Bcg Di Pt. Xyz.” Juminten 2 (2): 144–55. https://doi.org/10.33005/juminten.v2i2.131.
Sarfiah, Sudati, Hanung Atmaja, and Dian Verawati. 2019. “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa.” Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan) 4 (2): 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.
Sedyastuti, Kristina. 2018. “Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global.” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 2 (1): 117–27. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65.
Shobirin, Mohammad Yusril. 2021. “Pengembangan Produk Kerupuk Tujuh Bunga Dengan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Guna Meningkatkan Profitabilitas.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 2 (1): 1–4.
Sianturi, Ronda Deli. 2020. “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Journal of Business and Economics Research (JBE) 1 (1): 45–50. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.118.
Sobar, Agus, Indra Permadi, Alhidayatullah Alhidayatullah, and Eva Fathussyaadah. 2023. “Peningkatan Kualitas Produk Dan Layanan Umkm Untuk Meningkatkan Daya Saing.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 7 (4): 3782. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i4.16383.
Susanto, Barkah, Akrim Hadianto, Fardan Nur Chariri, Miftachul Rochman, Muhammad Mirza Syaukani, and Aditya Ari Daniswara. 2020. “Penggunaan Digital Marketing Untuk Memperluas Pasar Dan Meningkatkan Daya Saing UMKM.” Community Empowerment 6 (1): 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244.
Tambunan, Willy, Yudi Sukmono, and Luvita Okti Anggreani. 2021. “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Dan Daya Saing.” Jurnal Optimalisasi 7 (1): 48. https://doi.org/10.35308/jopt.v7i1.3419.
Yarlina, Vira Putri, and Syamsul Hunda. 2021. “Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal UMKM Dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial Dan E-Commerce.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5 (6): 3465–75.