Metode Pembelajaran dalam Perspektif Islam

Main Article Content

Rahma Sekar Nigrum
Athaya Yulidian
M. Yunus Abu Bakar

Abstract

Metode pembelajaran menekankan pada pentingnya memahami konsep pembelajaran dan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Selain itu, asas-asas dalam memilih metode pembelajaran dari perspektif Islam juga diperinci, termasuk asas teologi, filosofis, psikologis, sosial dan budaya, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini mengkaji metode pembelajaran dalam perspektif Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metodologi penelitian ini mencakup desain penelitian, sumber data primer, analisis data, dan kesimpulan. Penelitian ini diharap memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang pentingnya memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dalam konteks pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini menjadi rujukan bagi para akademisi dan pendidik Islam dalam memperkuat praktik pembelajaran yang berbasis nilai-nilai Islam.

Article Details

How to Cite
Nigrum, R. S., Yulidian, A., & Abu Bakar, M. Y. (2024). Metode Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1133–1144. https://doi.org/10.32672/mister.v1i2c.1821
Section
Articles
Author Biographies

Rahma Sekar Nigrum, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Athaya Yulidian, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

M. Yunus Abu Bakar, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

References

Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, and Oktarina PuspitaA Wardani. Model Dan Metode Pembelajaran Inovativ. Jurnal Pendidikan, Keislaman Dan Kemasyarakatan. Vol. 11. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2021.

Anam, Syaiful, Zaharah Taufik, Abdillah Syukur, Ahmad Saefulloh, Yusriani Najamuddin, Petta Solong, Herwinsyah Nur, et al. MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI ISLAMI, n.d. www.globaleksekutifteknologi.co.id.

Aris. “METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN.” Tsaqafatuna 1 (2022).

Arsyad A, ‘Media Pembelajaran’, 2011, 1.

Asyafah, Abas. “MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education. Vol. 6. Online, 2019. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index.

Drajat, dkk., Zakiah, Dr., Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara. Jakarta. 2009.

Fatimatuzahroh, Fitri, Lilis Nurteti, and S. Koswara. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (June 11, 2019): 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362.

Firmansyah, Eka, and Khozin Khozin. “TEOLOGI DAN FILSAFAT SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Research and Development Journal of Education 8, no. 2 (July 11, 2022): 546. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13172.

Halik, Abdul. “METODE PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Oleh: Abdul Halik.” Jurnal Al-‘Ibrah I, no. 1 (2012): 46.

Hanafi, M. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM,” n.d.

Ikhwan, Afiful. “Metode Simulasi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.” Vol. 2, 2017.

Jiarti Kusbandiyah and Shinta Astriani, “PERAN TERAPI MUSIK TERHADAP KESEJAHTERAAN JANIN DI PUSKESMAS KENDAL KEREP MALANG,” 2014.

Kognitif dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial bagi Siswa Jurnal Penelitian Pendidikan, Kemampuan, and Hasan Basri. “KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU SOSIAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR COGNITIVE ABILITY IN IMPROVING THE EFFECTIVENESS OF SOCIAL LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS,” n.d.

Qolbi, Satria Kharimul, and Tasman Hamami. “Impelementasi Asas-Asas Pengembangan Kurikulum Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 4 (May 22, 2021): 1120–32. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511.

Ramadanti, Erfiani, Zuhairansyah Arifin, Uin Sultan, and Syarif Kasim Riau. “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islam Dan Perspektif Pakar Pendidikan” 4, no. 2 (2021): 173–87. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245.

Saiful Hamdani, “PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2017 Universitas Islam Malang),” REPOSITORY UIN MAULANA MALIK IBRAHIM, MALANG 1 (May 12, 2021).

Sartika Sekolah Tinggi Agama Islam Panca Budi Perdagangan Sumut, Lydia. “Asas-Asas Pendidikan Dalam Alquran Dan Kedudukan Manusia Dalam Alam Semesta,” n.d.

Supriatna, Eman. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Soshum Insentif, April 4, 2019, 128–35. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106.

Taufik, Ahmad, Dosen Stai, and Bumi Silampari Lubuklinggau. “PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM,” n.d.

Ummul, Jurnal, and Qura Vol. “Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015 1” VI, no. 2 (2015): 1–19.