Problem Pendidikan Islam di Era Kontemporer

Main Article Content

M. Yunus Abu Bakar
Intan Dwi Safitri
Salma Novi Safitri

Abstract

Artikel ini membahas problem pendidikan islam  yang mencakup berbagai bidang. Sementara di era kontemporer problem pendidikan islam condong mengarah salah satu bidang yang diklarifikasi menjadi 2 faktor : yang pertama, problem internal yaitu paradigmatik, dan kualitas para tenaga pendidik. Dan faktor yang kedua, problem eksternal yaitu teknologi di era globalisasi dan akulturasi budaya. Hal ini sebagai tantangan pendidikan islam dalam beradaptasi mengenai berbagai situasi atau kondisi disetiap perkembangan zaman. Dalam mengatasi problem pendidikan islam perlu adanya pihak petinggi yang memiliki wewenang tersebut yaitu menteri pendidikan dan staf-stafnya.Selain itu pula,tenaga pendidik dan masyarakat ikut  berkontribusi  dalam mengatasi problem pendidikan islam. Solusi dalam menangani problem pendidikan islam dibutuhkan kerjasama berbagai pihak dalam mewujudkannya, melalui terbentuknya kebijakan-kebijakan dalam memperbaiki kualitas pendidikan islam seutuhnya.artikel ini di bahas menggunakan metode penelitian berbasis kualitatif deskriptif dengan memanfaatkan pendekatan sumber literatur seperti jurnal,artikel dan sumber literatur lainya.

Article Details

How to Cite
Abu Bakar, M. Y., Dwi Safitri, I., & Novi Safitri, S. (2024). Problem Pendidikan Islam di Era Kontemporer. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3b), 872–885. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3b.1751
Section
Articles
Author Biographies

M. Yunus Abu Bakar, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Intan Dwi Safitri, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

Salma Novi Safitri, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Kota Surabaya, Indonesia

References

Azzahra, Rahma Tiara, and M Yunus Abu Bakar. “Pemikiran Dan Implikasi Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer.” An Nidzam: JurnalManajemenPendidikandan Studi Islam 10, no. 1 (2023): 72–92.

Bakar, M Yunus Abu. “PROBLEMATIKA ONTOLOGIS PENDIDIKAN ISLAM (Mencari Hakikat Pendidikan Islam).” Jurnal Media Pendidikan Agama Islam 1, no. 1 (2014): 10–23.

Daud, Yusri M, Kata Kunci, Perkembangan, Pendidikan Islam, Indonesia A Pendahuluan, Banda Aceh, and M.Arifin. “Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia.” INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 2023. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266704921.

Dewi, Diah Rusmala. “PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI TUNTUTAN ABAD KE-21.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 2019. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:243255579.

Fatimah, Laziofi Nur, and Muhammad Wildan Shohib. “PROBLEMATIKA DAN TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KAJIAN KONTEMPORER.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 3 (2023): 362–66.

Hatim, Muhammad. “Problem Filsafat Pendidikan Islam: Proyeksi, Orientasi Ke Arah Filsafat Pendidikan Islam Paripurna,” 2019. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:226603550.

Hoddin, Muhammad Sholeh. “Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia; Studi Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Pra-Kemerdekaan Hingga Reformasi.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 14, no. 1 (2020): 15–30.

Mastur, Ali. “Integrasi Kurikulum Di Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustho Al Fithrah Surabaya.” TARBAWI, 2022. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251427780.

Mata, Pada, Pelajaran Pendidikan, Agama Islam, Dalam Upaya Meningkatkan, Motivasi Belajar, Siswa di Smpn, Bangkalan, Moh Bangkalan Abdullah, and Aliyul Wafa. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 5 Bangkalan.” Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 2022. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:266691368.

Muhammad, Abdullah. “Problematika Dan Krisis Pendidikan Islam Masa Kini Dan Masa Yang Akan Datang.” Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 66–75.

Mumtaz, Nadhif Muhammad. “Kebijakan Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 16511–24.

Rahmania, Savira, and M Yunus Abu Bakar. “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Naquib Al Attas.” Al Mada: Jurnal Agama Sosial Dan Budaya 6, no. 2 (2023): 129–44.

Rasyidi, Rasyidi, Sukarno Sukarno, and Minnah El Widdah. “POLITIK DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA.” Jurnal Literasiologi, 2021. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:237857860.

Rohman, Mujibur. “Problematika Kurikulum Pendidikan Islam.” Madaniyah 5, no. 1 (2015): 1–15.

Selamet, Selamet, Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Studi Histori Dan Regulasi Di Indonesia).” TADBIRUNA, 2023. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257293114.

Tamam, Ahmad Chafidut, and M Yunus Abu Bakar. “Konstruksi Kurikulum Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Tafaqquh Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 1, no. 1 (2022): 1–15.

Wahid, Musleh. “Problematika Pendidikan Islam Kontemporer.” Tafhim Al-’Ilmi 10, no. 1 (2018): 47–58.

Wibowo, Eko Nur. “Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Multikultural Dalam Menghadapi Ujaran Kebencian (Studi Prodi PAI Pascasarjana IAIN Surakarta).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9, no. 2 (2020): 89–97.